UMM Institutional Repository

Pengaruh Filtrat Bawang Putih (Allium sativum Linn.) dan Lama Penyimpanan Terhadap Jumlah Koloni Bakteri pada Fillet Ikan Bandeng (Chanos chanos Forsk) Sebagai Sumber Belajar Biologi.

Oktavianti, Dwi (2016) Pengaruh Filtrat Bawang Putih (Allium sativum Linn.) dan Lama Penyimpanan Terhadap Jumlah Koloni Bakteri pada Fillet Ikan Bandeng (Chanos chanos Forsk) Sebagai Sumber Belajar Biologi. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwioktavia-43526-1-pendahul-i.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwioktavia-43526-2-babi.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Keyword : Fillet ikan bandeng, bawang putih, jumlah koloni bakteri Abstrak Melimpahnya ikan bandeng pada saat musim panen, memerlukan penanganan dan penyimpanan yang dapat menjaga kesegarannya. Ikan bandeng segar rentan terhadap kontaminasi bakteri. Ikan bandeng hanya bisa bertahan 5-8 jam setelah penagkapan. Penyimpanan pada suhu rendah dapat menghambat aktivitas bakteri, namun masih ada bakteri yang dapat tumbuh baik, semakin lama penyimpanan jumlah bakteri semakin bertambah. Penambahan bahan pengawet kimia dapat menimbulkan keracunan dan efek jangka panjang, sehingga penambahan filtrat bawang putih dapat menggantikan bahan kimia tanpa adanya efek samping. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh filtrat bawang putih dan lama penyimpanan pada suhu ruang dan mengetahui konsentrasi filtrat bawang putih dan lama penyimpanan yang paling optimal terhadap jumlah koloni bakteri dan mutu fillet ikan bandeng. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian True Experiment Design dan design yang digunakan adalah The Posttest Control Group Design. Rancangan penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) pola faktorial, dengan faktor pertama konsentrasi filtrat bawang putih (0%, 10%, 15%, 20% dan 25%) dan faktor kedua lama penyimpanan (6, 12, dan 18 jam). Data berupa jumlah koloni bakteri dan nilai penilaian sensori. Teknik Analisis data yang digunakan adalah Analisis Varian Dua Faktor dan Duncan 5% Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi filtrat bawang putih dan lama penyimpanan berpengaruh terhadap jumlah koloni bakteri fillet ikan bandeng. Jumlah koloni bakteri semakin meningkat seiring dengan lama penyimpanan. Fillet bandeng yang disimpan selama 18 jam pada konsentrasi 25% berpengaruh optimal terhadap jumlah koloni bakteri (1,1 x 105 cfu/g) yang masih dibawah standar SNI (5 x 105), Hasil uji Duncan menunjukkan bahwa konsentrasi yang paling baik menghambat jumlah koloni bakteri adalah konsentrasi 25% dan lama penyimpanan 6 jam yang masih berada dibawah SNI (5 x 105) yaitu 3,6x104. Sedangkan konsentrasi dan lama perendaman fillet bandeng pada filtrat bawang putih yang berpengaruh paling baik terhadap penilaian sensori adalah sebagai berikut: kenampakan daging konsentrasi 20% (6 jam), bau konsentrasi 20% (6 jam), dan tekstur konsentrasi 10% (6 jam).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 11 Oct 2016 02:36
Last Modified: 11 Oct 2016 02:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33329

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo