UMM Institutional Repository

KEANEKARAGAMAN MAKROZOOBENTHOS DI SUNGAI BRANTAS MALANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR KEANEKARAGAMAN HAYATI SMA KELAS X

ANDRIANINGSIH, YUNITA (2016) KEANEKARAGAMAN MAKROZOOBENTHOS DI SUNGAI BRANTAS MALANG SEBAGAI SUMBER BELAJAR KEANEKARAGAMAN HAYATI SMA KELAS X. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yunitaandr-43846-1-pendahul-n.pdf

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yunitaandr-43846-2-bab1.pdf

Download (555kB) | Preview

Abstract

Keyword : Keanekaragaman, Makrozoobenthos, Sungai Brantas, Sumber Belajar Makrozoobenthos merupakan hewan bentik dan merupakan organisme dasar perairan, mempunyai habitat yang relatif tetap, sehingga apabila lingkungan hidupnya berada di bawah suatu tekanan maka keanekaragaman jenis organismenya akan menurun pada komunitas yang ada. Keanekaragaman Makrozoobenthos adalah salah satu sumbangan dalam kekayaan SDA di Indonesia yang keberadaannya patut di perhatikan dalam kondisi lingkungan yang sekian lama semakin menurun kualitasnya. Konsep tersebut merupakan sumber belajar yang harus diajarkan dan dikuasai oleh peserta didik sehingga mereka memiliki kompetensi, kesadaran, dan kepekaan untuk melestarikan keanekaragaman hayati sebagai anugrah Tuhan Yang Maha Esa. Sumber belajar yang berdasarkan penelitian akan bersifat lebih kontekstual, lebih dalam, dan lebih menarik karena berdasarkan fakta yang terbukti secara ilmiah. Oleh karena itu hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi sumber belajar dalam bentuk artikel ilmiah atau jurnal penelitian untuk materi keanekaragaman hayati Makrozoobenthos sungai. Sumber belajar keanekaragaman hayati Makrozoobenthos sungai diharapkan dapat meningkatkan motivasi, kompetensi, dan prestasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk megetahui jenis-jenis, indeks keanekaragaman, indeks kelimpahan relatif, indeks kemerataan Makrozoobenthos pada stasiun I, II, III, dan IV di Sungai Brantas Malang, serta bagaimana penelitian ini dapat dijadikan sumber belajar Keanekaragaman hayati untuk SMA kelas X. Indeks Keanekaragaman Makrozoobenthos ditentukan dengan menggunakan rumus Shannon-Wiener, indeks kelimpahan relatif menggunakan rumus kelimpahan relatif, kemerataan menggunakan rumus indeks kemerataan. Pemanfaatan objek atau kejadian secara efektif sebagai sumber belajar harus memenuhi syarat-syarat sebagai berikut: (1) kejelasan potensinya, (2) kesesuaian dengan tujuan belajar, (3) ketepatan sasaran, (4) kejelasan informasi yang diungkap, (5) kejelasan eksplorasinya, (6) kejelasan perolehan yang diharapkan. Dengan demikian, proses dan hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai sumber belajar, tetapi perlu dilakukan suatu kajian yang mendalam dan sistematik melalui penelitian. Hasil penelitian menunjukkan keanekaragman Makrozoobenthos pada stasiun II sangat rendah dan stasiun I, III, dan IV rendah, indeks kemerataan Makrozoobenthos pada stasiun I, II, III, dan IV tinggi, indeks kelimpahan Makrozoobenthos pada stasiun I, II, III, dan IV bervariasi dan jenis yang memiliki indeks kelimpahan tertinggi yaitu Cheumatopsyche sp. Hasil penelitian ini sudah memenuhi persyaratan pemanfaatan hasil penelitian sebagai sumber belajar, selanjutnya dimodifikasi agar sesuai dengan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan. Modifikasi dilakukan pada silabus pemerintah kurikulum 2013 yaitu mata pelajaran Biologi SMA kelas X semester ganjil KD 3.2 Menganalisis data hasil obervasi tentang berbagai tingkat keanekaragaman hayati (gen, jenis dan ekosistem) di Indonesia. Pedoman eksplorasi yaitu mendiskusikan tentang berbagai tingkat keanekaragaman dan faktor-faktor yang mempengaruhi keanekaragaman makrozoobenthos sungai. Silabus dimodifikasi agar sesuai dengan isi hasil penelitian yang nantinya akan digunakan sebagai sumber belajar dalam bentuk jurnal. Saran yang diberikan, yaitu 1) Guru yang yang mengampu atau mengajar materi Keanekaragaman Hayati dapat menggunakan jurnal penelitian ini sebagai sumber belajar tambahan, sehingga memperkaya materi yang disampaikan dalam pembelajaran di kelas maupun di luar kelas, 2) Para peserta didik dapat menggunakan jurnal penelitian ini sebagai sumber belajar tambahan sehingga dapat memperkaya pemahaman konsep, 3) Hendaknya pemerintah melakukan upaya pemahaman dan penyuluhan kepada masyarakat untuk tidak membuang berbagai jenis limbah di aliran Sungai Brantas agar kelestarian biota yang ada di dalamnya tetap terjaga, 4)Hasil penelitian ini dapat dijadikan acuan dasar bagi peneliti lain dalam melakukan penelitian lanjutan khusunya mengkaji struktur komunitas Makrozoobenthos pada sungai

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 11 Oct 2016 02:17
Last Modified: 11 Oct 2016 02:17
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33323

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo