UMM Institutional Repository

Tanggung Jawab Manajer Investasi Kepada Investor dalam Pengelolaan Reksadana Kontrak Investasi Kolektif Terhadap Keterlambatan Pembayaran Hasil Redemption (Penjualan Kembali) (Studi di PT. Manulife Aset Manajemen Indonesia Cabang Surabaya)

Tiffani, Bella Dibha (2016) Tanggung Jawab Manajer Investasi Kepada Investor dalam Pengelolaan Reksadana Kontrak Investasi Kolektif Terhadap Keterlambatan Pembayaran Hasil Redemption (Penjualan Kembali) (Studi di PT. Manulife Aset Manajemen Indonesia Cabang Surabaya). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-belladibha-44049-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-belladibha-44049-2-babi.pdf

Download (631kB) | Preview

Abstract

Keyword : tanggung jawab, reksadana kontrak investasi kolektif, redemption Dalam investasi reksadana ada kemungkinan timbul permasalahan seperti keterlambatan pembayaran hasil redemption (penjualan kembali). Hal ini dilatar belakangi oleh banyak terjadinya kasus keterlambatan pembayaran kembali pada investor. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tanggung jawab PT. Manulife Aset Manajemen Indonesia serta upaya hukum yang dilakukan investor reksadana terhadap manajer investasi yang telah merugikannya. Penelitian ini dilakukan di PT. Manulife Aset Manajemen Indonesia yang beralamat di Graha Bukopin Surabaya LT. 6-9 Jl. Panglima Sudirman No. 10 -18, Surabaya Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah Yuridis Sosiologis, dan data yang diperoleh akan dianalisis dengan menggunakan teknik analisa data deskriptif analistis. Hasil penelitian terkait dengan tanggung jawab manajer investasi adalah tanggung jawab manajer investasi dalam hal keterlambatan pembayaran penjualan kembali adalah memberikan penjelasan letak dimana kesalahan itu terjadi, jika kesalahan murni karena pihak manajer investasi maka akan dilakukan penggantian, jika dikaitkan dengan prinsip-prinsip tanggung jawab termasuk dalam Prinsip praduga untuk selalu bertanggung jawab Prinsip ini menyatakan, tergugat selalu dianggap bertanggung jawab (presumption of liability principle), sampai dia dapat membuktikan bahwa ia tidak bersalah, jadi beban pembuktian ada pada manajer investasi yang mewakili PT. Manulife Asset Manajemen Indonesia. Upaya hukum yang dilakukan oleh investor yang mengalami keterlambatan pembayaran selama ini hanya melakukan klaim atau aduan kepada manajer investasi dan klaim tersebut terselesaikan dengan negoisasi antara manajer investasi dengan investor. karena memang penyelesaian melalui jalur peradilan membutuhan waktu yang lama dan dana yang tidak sedikit, oleh karena itu kasus-kasus yang terjadi selama ini dapat diselesaikan melalui jalur negosiasi di kantor PT. Manulife Aset Manajemen Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 10 Oct 2016 11:39
Last Modified: 10 Oct 2016 11:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33295

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo