UMM Institutional Repository

TINJAUAN KRIMINOLOGIS TERHADAP TINDAK PIDANA DI BIDANG PERIKANAN (Studi Tentang Tindak Pidana Perikanan Di Kabupaten Hulu Sungai Selatan).

Hasbi, Muhammad (2016) TINJAUAN KRIMINOLOGIS TERHADAP TINDAK PIDANA DI BIDANG PERIKANAN (Studi Tentang Tindak Pidana Perikanan Di Kabupaten Hulu Sungai Selatan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadha-44080-1-pendahul-n.pdf

Download (717kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadha-44080-2-babi.pdf

Download (711kB) | Preview

Abstract

Keyword : Tindak Pidana, Perikanan, Perairan Umum, Sumber Daya Hayati. Tindak pidana perikanan tidak hanya terjadi di wilayah kelautan Republik Indonesia, akan tetapi juga terjadi di perairan umum seperti sungai, danau, dan rawa. Khususnya di Kabupaten Hulu Sungai Selatan Provinsi Kalimantan Selatan yang sebagian wilayahnya merupakan sungai dan rawa masih marak terjadi penangkapan ikan yang melanggar aturan (tindak pidana perikanan). Tindakan penangkapan ikan yang melanggar aturan tersebut, akan berdampak pada punahnya sumber daya hayati sehingga selain merusak lingkungan dan habitatnya juga akan mengakibatkan penurunan produktivitas ikan di daerah ini. Penelitian ini mengambil rumusan masalah tentang: Bagaimana modus operandi tindak pidana di bidang perikanan yang dilakukan oleh pelaku tindak pidana di daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan; Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya tindak pidana perikanan di daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan; Bagaimana upaya penanggulangan tindak pidana perikanan di daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosialogis (empiris), yaitu dengan mengumpulkan data primer dan data sekunder. Teknik Pengumpulan data primer yaitu melakukan wawancara dengan pihak terkait, dan Pelaku Tindak Perikanan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Sedangkan pengumpulan data sekunder diperoleh dari literature, dokumentasi, dan peraturan perundang-undangan. Dari penelitian ditemukan bahwa modus operandi tindak pidana perikanan di daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan dengan menggunakan alat atau cara penangkapan ikan yang dilarang penggunaannya yaitu penggunakan setrum dengan media accu dan genset / generator. Adapun faktor yang menyebabkan pelaku melakukan tindak pidana perikanan adalah faktor pendidikan, faktor ekonomi, dan faktor lingkungan. Upaya penanggulangan tindak pidana perikanan di daerah Kabupaten Hulu Sungai Selatan, yaitu melalui upaya atau tindakan Preventif (non penal), dan Represif (penal).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 10 Oct 2016 11:27
Last Modified: 10 Oct 2016 11:27
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33292

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo