UMM Institutional Repository

UPAYA PENYIDIK DALAM MENGUNGKAP TINDAK PIDANA PENCABULAN TERHADAP ANAK DALAM LINGKUNGAN KELUARGA (Studi di Wilayah Hukum Polresta Malang)

PRADANA, WAHYU FEBRIAN PUTRA (2016) UPAYA PENYIDIK DALAM MENGUNGKAP TINDAK PIDANA PENCABULAN TERHADAP ANAK DALAM LINGKUNGAN KELUARGA (Studi di Wilayah Hukum Polresta Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wahyufebri-43207-1-pendahul-n.pdf

Download (926kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wahyufebri-43207-2-babibu-n.pdf

Download (871kB) | Preview

Abstract

Keyword : pencabulan, upaya penyidik, lingkungan keluarga., abuse, efforts to investigators, family environtment Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dua hal, yaitu upaya penyidik untuk mengungkap tindak pidana pencabulan terhadap anak dalam lingkungan keluarga, kendala dan cara mengatasinya terkait penyidikan tindak pidana pencabulan tersebut. Penelitian ini dilaksanakan di Sat Reskrim Polresta Malang, dengan metode pendekatan yuridis sosiologis. Sumber data primer diperoleh dari lokasi penelitian dan sumber data sekunder dari studi kepustakaan, teknik pengumpulan datanya berupa wawancara dengan penyidik Polresta Malang yang pernah menangani kasus tindak pidana pencabulan terhadap anak dalam lingkungan keluarga. Kemudian data hasil penelitian tersebut di analisa secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan mengenai upaya penyidik dalam mengungkap tindak pidana pencabulan dalam lingkungan keluarga dengan tindak pidana pencabulan diluar lingkungan keluarga. Yang membedakan hanyalah mengenai pasal yang digunakan penyidik untuk menjerat pelaku, jika pelaku pencabulan diluar lingkungan keluarga dijerat dengan pasal 82 UU No.23/2002, yang ancaman hukumannya berupa penjara paling lama 15 tahun dan paling singkat 3 tahun penjara, serta denda paling banyak tiga ratus juta rupiah dan paling sedikit enam puluh juta rupiah. Sedangkan jika pelaku pencabulan merupakan anggota keluarga korban, maka pelaku dijerat dengan pasal 76E Jo. Pasal 82 ayat (2) UU No.35/2014 dengan ancaman hukumannya berupa penjara paling lama 15 tahun dan paling singkat 5 tahun serta ditambah 1/3 dari ancaman hukuman tersebut, serta denda paling banyak sebesar lima miliyar rupiah. Akhir kata, permasalahan mengenai upaya penyidik dalam mengungkap tindak pidana pencabulan dalam lingkungan keluarga dapat terealisasi apabila semua komponen masyarakat khususnya keluarga bisa bekerja sama dan mau memberikan informasi tentang semua tindak pidana terutama tindak pidana pencabulan yang ada di lingkungan sekitarnya, dan mau memberikan informasi tanpa rasa takut dan ragu-ragu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 10 Oct 2016 07:40
Last Modified: 10 Oct 2016 07:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33256

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo