UMM Institutional Repository

ANALISIS YURIDIS SOSIOLOGIS TERHADAP PARA PIHAK YANG MEMFASILITASI TERJADINYA PERBUATAN CABUL YANG BERKEDOK VILLA (Studi Kasus di Kawasan Songgoriti Kota Batu)

PRADIPTA, ADITYA PUTRA (2016) ANALISIS YURIDIS SOSIOLOGIS TERHADAP PARA PIHAK YANG MEMFASILITASI TERJADINYA PERBUATAN CABUL YANG BERKEDOK VILLA (Studi Kasus di Kawasan Songgoriti Kota Batu). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-adityaputr-43368-1-pendahul-n.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-adityaputr-43368-2-babi.pdf

Download (460kB) | Preview

Abstract

Keyword : memfasilitasi, perbuatan cabul, penegakan hukum., Facilitate, Obscene acts, Law enforcement Songgoriti merupakan obyek wisata yang cukup terkenal di Kota Batu, selain obyek wisatanya fasilitas penginapan menjadi penunjang obyek wisata ini. Tetapi sangat disayangkan penginapan di kawasan Songgoriti sering disalahgunakan untuk berbuat cabul yang disebabkan tidak dilaksanakan aturan yang berlaku oleh pemilik villa. Penelitian ini mengambil rumusan masalah bagaimana fakta terjadinya perbuatan cabul yang difasilitasi oleh para pihak yang berkedok villa, bagaimana bentuk-bentuk tindakan dari penegak hukum dalam memberantas penyalahgunaan villa dan apa sajakah kendala yang dihadapi oleh penegak hukum dalam memberantas penyalahgunaan villa dan solusinya. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis. Sumber data primer diperoleh lapangan dan sumber data skunder dari dokumentasi dan peraturan perundang ¬¬– undangan dan teknik pengumpulan datanya berupa wawancara dengan narasumber yang berada di kawasan villa Songgoriti dan wawancara di Polres Kota Batu serta Satpol PP Kota Batu. Kemudian data hasil penelitian tersebut dianalisis secara deskriptif. Berdasrkan hasil penelitian terdapat beberapa fakta tentang memfasilitasi berbuatan cabul, tindakan penegak hukum dalam memberantas penyalahgunaan villa dengan melakukan sosialisasi, operasi pekat, operasi terpadu dan kendala yang dihadapi penegak hukum seperti lemahnya aturan yang ada serta kurang aktifnya masyarakat dalam menjaga lingkungan. Saran, perlu ada aturan yang lebih jelas agar hukum dapat ditegakan dan meningkatkan rasa peduli masyarakat untuk ikut menjaga lingkungan dari perbuatan melanggar hukum.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 10 Oct 2016 07:34
Last Modified: 10 Oct 2016 07:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33254

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo