UMM Institutional Repository

PERAN PENDIDIKAN POLITIK DI SMA NEGERI 9 MALANG MELALUI PEMILIHAN KETUA OSIS (PILKAOS)

FATONI, IZZI ACHMAD (2016) PERAN PENDIDIKAN POLITIK DI SMA NEGERI 9 MALANG MELALUI PEMILIHAN KETUA OSIS (PILKAOS). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-izziachmad-44933-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-izziachmad-44933-2-babi.pdf

Download (760kB) | Preview

Abstract

Keyword : Pendidikan Politik, Pemilihan Ketua OSIS (PILKAOS) Pendidikan politik berfungsi sebagai pembentukan karakter suatu bangsa, pendidikan politik diharapkan dapat mewujudkan suatu negara yang demokratis yang patuh pada hukum maka dari itu peran pendidikan politik bisa dilihat dari kegiatan pemilihan ketua OSIS. Karena pemilihan ketua OSIS banyak menerapkan nilai-nilai dari pendidikan politik. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk: (A) Mengetahui pendidikan politik di SMA Negeri 9 Malang. (B) Mendeskripsikan bentuk pelaksanaan PILKAOS sebagai bentuk pendidikan politik di SMA Negeri 9 Malang, dan (C) Mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat yang mempengaruhi pelaksanaan PILKAOS sebagai bentuk pendidikan politik di SMAN 9 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini memberikan gambaran secara sistematis dan cermat berdasarkan fakta–fakta dan sifat–sifat populasi tertentu. Bertujuan untuk memecahkan masalah–masalah aktual dan mengumpulkan data. Pengumpulan data diperoleh dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun informan yang digali informasinya yakni Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Guru PPKn, Pembina OSIS dan Anggota OSIS SMAN 9 Malang, Panitia OSIS SMAN 9 Malang. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperoleh hasil sebagai berikut: (A) Pendidikan politik merupakan hal yang wajib diketahui dan diterapkan siswa-siswi. Karena pendidikan politik disekolah merupakan cara untuk memberikan pelajaran kepada siswa untuk menyampaikan aspirasi mereka, tanggung jawab, kejujuran, sosial dan gotong royong. (B) Dengan adanya kegiatan OSIS di lingkungan sekolah guru bisa melihat peran positif siswa melalui kegiatan pemilihan ketua OSIS karena dengan adanya kegiatan tersebut guru bisa memantau bagaimana antusiasme siswa dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. (C) Faktor pendukung kepala sekolah sangat mendukung adanya pelaksanaan pemilihan ketua OSIS sebagai bentuk pendidikan politik dan sekolah memberi sarana dan pra sarana, faktor penghambat memerlukan waktu lama, orang tua kadang-kadang complain dengan lamanya PEMILU dan persiapan PEMILU, padatnya agenda sekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Pancasila and Civics Education (87205)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 06 Oct 2016 08:37
Last Modified: 06 Oct 2016 08:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33111

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo