UMM Institutional Repository

ANALISIS KEBIJAKAN SMA ISLAM BATU DALAM MENANGGULAGI KENAKALAN REMAJA

ARIFIN, MUSYRIFATUL (2016) ANALISIS KEBIJAKAN SMA ISLAM BATU DALAM MENANGGULAGI KENAKALAN REMAJA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-musyrifatu-44995-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-musyrifatu-44995-2-babi.pdf

Download (459kB) | Preview

Abstract

Keyword : kebijakan, kenakalan remaja asalah kenakalan remaja, khususnya remaja usia sekolah atau remaja yang sedang duduk di bangku sekolah bukan saja meresahkan orang tua dan masyarakat, namun juga meresahkan para guru di sekolah. Kenakalan siswa bukan saja hanya sekedar masalah orang tua dan masyarakat semata. Namun juga merupakan masalah bagi sekolah, karena sekolah sebagai lembaga pendidikan formal dianggap yang paling bertanggung jawab terhadap hasil pendidikan termasuk di dalamnya karakter seorang anak (siswa). Melihat terjadinya fenomena kenakalan remaja tersebut cenderung mengarah pada tindakan kriminal yang akhirnya dapat berhadapan dengan aparat penegak hukum. Kenakalan remaja juga dapat dilihat dari perbuatan yang menyimpang dari norma-norma masyarakat. Kenakalan remaja yang dapat mengganggu keamanan, ketertiban dan ketenteraman masyarakat tentu akan meresahkan masyarakat. Perbuatan perkelahian antar pelajar dan suka bolos sekolah tentu merugikan dirinya atau pelajar bersangkutan, dengan demikian proses studinya menjadi terhambat, bahkan seorang siswa akan mendapatkan sanksi dari sekolah atas perbuatan yang dilakukannya. Kondisi ini tentu menimbulkan kecemasan dan keresahan di kalangan orang tua siswa atau pelajar. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian kualitatif. Pengumpulan data diperoleh melelui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data tersebut dianalisis secara deskriptif analisis. Dan menggunakan teknik keabsahan data dengan kredibilitas, transferability, depenability, dan konfirmability. Hasil penelitian ini sebagai berikut: 1. Faktor penyebab siswa melakukan kenakalan remaja yaitu: Coba – coba mengikuti ajakan teman, kurangnya kasih sayang dari orang tua yang hanya pasrah kepada pihak sekolah sehingga kontrol dari orang tua sangatlah minim, dan Perceraian orang tua (broken home) ayah menikah lagi dan ibu juga menikah lagi merupakan faktor anak melakukan kenakalan remaja karena siswa sudah menganggap dirinya paling benar dan sudah tidak ada yang mengaturnya. 2. Motiv siswa melakukan kenakalan remaja yaitu: coba – coba mengikuti teman, kurang kasih sayang, cari perhatian di sekolah, dan mereka masuk kedalam pergaulan yang tidak selektif. Yang artinya mereka salah bergaul dalam lingkungan yang tak sehat. 3. Kebijakan sekolah dalam melakukan kenakalan remaja di SMA Islam Batu, yaitu: Adanya aturan dalam pedoman tata tertib sekolah, Sekolah menyediakan petugas khusus tata tertib, Ekstrakulikuler untuk menampung minat dan bakat, Sekolah menyediakan Penasehat Akademi (PA), 1 PA untuk memantau 5-8 siswa. Ini berfungsi untuk memantau saat siswa tidak masuk beberapa hari maka PA akan mengunjungi rumah murid tersebut, Pemberdayaan OSIS, Klasmeeting setelah kegiatan ujian, dan Pengadaan outbond.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Pancasila and Civics Education (87205)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 06 Oct 2016 08:19
Last Modified: 06 Oct 2016 08:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33109

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo