UMM Institutional Repository

PERSEPSI MASYARAKAT BANDA NAIRA TERHADAP PERAN BUNG HATTA DALAM BIDANG PENDIDIKAN DEMOKRASI

Burhan, Eksan (2016) PERSEPSI MASYARAKAT BANDA NAIRA TERHADAP PERAN BUNG HATTA DALAM BIDANG PENDIDIKAN DEMOKRASI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-eksanburha-45045-1-pendahul-n.pdf

Download (831kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-eksanburha-45045-2-babi.pdf

Download (413kB) | Preview

Abstract

Keyword : Persepsi, Pendidikan Demokrasi, Nasionalisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) persepsi masyarakat Banda Naira terhadap ketokohan Bung Hatta, (2) bagaimana peran Bung Hatta terhadap kemajuan pendidikan di Banda Naira dan (3) bagaimanakah gagasan-gagasan Bung Hatta tentang pendidikan demokrasi bagi masyarakat Banda Naira. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian ini adalah masyarakat Banda Naira. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskripstif kulaitatif dimana menurut Milles dan Hubberman, yaitu data disaring dan disusun lagi, dipaparkan, diverifikasi dan dibuat kesimpulan. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi masyarakat Banda Naira terhadap Bung Hatta secara keseluruhan adalah seorang tokoh yang tidak saja dikenal sebagai pendiri bangsa ini, lebih dari itu Bung Hatta merupakan tokoh yang dikagumi oleh orang Banda Naira karena karakter, kepribadian beliau yang sangat sederhana dan sangat menyayangi orang Banda Naira, serta turut membantu orang Banda Naira yang pada saat itu menggalami penindasan dihampir semua aspek kehidupan. Peran Bung Hatta dalam memajukan pendidikan di Banda Naira adalah beliau mendirikan sekolah sore, yang mana sekolah tersebut di buat untuk mengajak anak-anak Banda Naira yang tidak mampu untuk bersekolah disitu. Gagasan pendidikan demokrasi yang diajarkan Bung Hatta kepada masyarakat Banda Naira mengandung nilai-nilai musyawarah dan mufakat. Nilai-nilai tersebut Bung Hatta ajarkan kepada masyarakat Banda Naira dengan harapan, agar masyarakat Banda Naira dikemudian hari mampu untuk berdemokrasi dengan baik dan benar sesuai dengan apa yang telah diajarkan. Nilai-nilai musyawarah dan mufakat ini juga ditambah dengan ajaran nasionalisme, ajaran ini bertujuan untuk membangkitkan rasa cinta tanah air yang tinggi dengan harapan untuk dapat memperjuangkan negara dari para penjajah. Inilah hal yang diharapkan oleh Bung Hatta kepada orang Banda Naira.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Pancasila and Civics Education (87205)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 06 Oct 2016 08:16
Last Modified: 06 Oct 2016 08:16
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33108

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo