UMM Institutional Repository

MODEL PEMBELAJARAN GURU PPKN PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMP NEGERI 25 MALANG

ASDIANI, (2016) MODEL PEMBELAJARAN GURU PPKN PADA SISWA BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SMP NEGERI 25 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-asdiani201-43132-1-pendahul-n.pdf

Download (998kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-asdiani201-43132-2-babi.pdf

Download (427kB) | Preview

Abstract

Keyword : Model, Pembelajara PPKn, siswa berkebutuhan khusus, Model, Learning of PPKn, Autism students Pendidikan adalah suatu proses pembentukan moral bangsa yang beradab. Dengan kata lain pendidikan adalah moralisasi masyarakat karena itu sesuai dengan tujuan bangsa indosesia untuk memajukan dan mencerdaskan anak bangsa maka harus di berikan pendidikan wajib sembilan tahun kepada masyarakat Indonesia tampa tidak terkecuali bagi anak ABK. Sesunggunya anak berkebutuhan khusus memerlukan perlakuan khusus dalam proses pembelajaran didalam kelas, karena itu perlu perhatian seorang guru dalam memberikan pelajaran didalam kelas agar anak berkebutuhan khusus dan anak normal dapat berinteraksi bersama untuk mencapai tujuan belajar yang disampaikan oleh guru di dalam kelas karena itu peran guru sangat penting. Penelitian ini mengunakan tehnik penelitian kualitatif dimana peneliti terjun langsung kelapangan penggumpulan data di peroleh dengan tehnik wawancara, observasi dan dokumentasi adapun sumber yang di peroleh adalah guru PPKn, guru BK, dan kepala sekolah di SMP Negeri 25 Malang, dengan tujuan untuk mengetahui model pembelajaran yang diterapkan guru PPKn terhadap ABK dan penumbuhan wawasan kebangsan dan cinta tanah air. Hasil penelitian ini yaitu: 1). Model pembelajaran guru PPKn pada siswa berkebutuhan khusus dilakukan saat siswa dikelas reguler maupun pada saat mereka di kelas inklusif,dilaksanakan sama tidak membedakan anak berkebutuhan khusus dan anak reguler.,2) Guru mata pelajaran belum mempunyai pengalaman terhadap anak ABK, Anak ABK memanfaatkan ke ABKanya,Siswa ABK kurang menyesuaikan model pembelajaran yang digunakan.3) GPK aktif dan melakukan koordinasi dengan guru mata pelajaran, Melakukan koordinasi dengan GPK ketika mau menggunakan model pembelajaran, Menggunakan sistem PPI (program pembelajaran individual).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Pancasila and Civics Education (87205)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 06 Oct 2016 07:42
Last Modified: 06 Oct 2016 07:42
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33096

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo