UMM Institutional Repository

MODEL PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEDISIPILINAN, KEMANDIRIAN DAN KEPEMIMPINAN (K3) DI PESANTREN AL-ITTIHAD

Mamlu’atuzzahroh, Aam (2016) MODEL PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KEDISIPILINAN, KEMANDIRIAN DAN KEPEMIMPINAN (K3) DI PESANTREN AL-ITTIHAD. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aammamluat-43384-1-pendahul-n.pdf

Download (866kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aammamluat-43384-2-babi.pdf

Download (612kB) | Preview

Abstract

Keyword : Pendidikan Karakter, Berbasis K3, Pesantren Al-Ittihad Model Pendidikan Karakter Berbasis K3 Di Pondok Pesantren Al-Ittihad Desa Poncokusumo Kabupaten Malang adalah untuk menghasilkan sosok santri yang mampu memiliki karakter K3 yaitu: memiliki kedisiplinan, kemandirian, berjiwa kepemimpinan sebagai upaya meningkatkan kualitas karakter santri. Lokasi penelitian yaitu Jl.Raya Belung 01 Desa Poncokusumo Kabupaten Malang. Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah:1) Untuk mengetahui model pendidikan karakter berbasis K3 di pesantren Al-Ittihad Desa Poncokusumo Kabupaten Malang; 2) Mendeskripsikan faktor penunjang dan penghambat pendidikan karakter berbasis K3 di pesantren Al-Ittihad Desa Poncokusumo Kabupaten Malang; 3) Mendeskripsikan solusi untuk mengatsi hambatan pengimplementasian pendidikan karakter berbasis K3 di pesantren Al-Ittihad Desa Poncokusumo Kabupaten Malang. Penelitian ini merupakan analisa Deskripstif, data dikumpulkan dengan mengunakan observasi, wawancara, Dokumentasi. Sumber data terdiri dari sumber data primer yaitu diperoleh secara langsung dan sumber data skunder. Teknik Analisa data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dimana peneliti berusaha menemukan permasalahan dan mencari jalan keluar atau pemecahan masalah yang dihadapi sehingga mendapatkan suatu kesimpulan yang berguna bagi pondok pesantren Al-Ittihad dalam melaksanakan model pendidikan karakter berbasis K3. Dengan langka reduksi data, penyajian data dan Menarik kesimpulan. Dalam penelitian ini diperoleh hasil bahwa 1) Model pendidikan karakter berbasis K3 melalui kegiatan-kegiatan yang mendidik santri-santri untuk menerapkan karakternya melaluli Qitobah, sholat berjamaÂ’ah, Diniyah, Hafalan dll; 2) faktor penunjang dan penghambat pendidikan karakter berbasis K3 di pesantren Al-Ittihad a) faktor pendukung dalam keberhasilan semua berkerja sama baik dari pengurus, dari ustadz dan dari pengasuh semua berkerja sama untuk mengantarkan santri untuk menjadi lebih baik; b) sedangkan faktor penghamabat dari santri yang tidak menyukai tata tertib di pesantren sehingga santri itu tidak mengikuti model pendidikan karakter berbasis K3; 3) Solusi untuk mengatasi hambatan pengimplementasian pendidikan karakter berbasis K3 memberiakn suri tauladan kepada santri, dan kerja sama dari semua pihak baik itu pengurus, ustad, uastadzah dan pengasuh.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Pancasila and Civics Education (87205)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 06 Oct 2016 07:31
Last Modified: 06 Oct 2016 07:31
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/33092

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo