UMM Institutional Repository

PENGARUH PENGETAHUAN TERHADAP KEPATUHAN PASIEN DALAM MENJALANKAN PROGRAM TERAPI RUMATAN METADON (Studi di Puskesmas Kendalsari Kota Malang)

HIDAYATI, ARINI (2016) PENGARUH PENGETAHUAN TERHADAP KEPATUHAN PASIEN DALAM MENJALANKAN PROGRAM TERAPI RUMATAN METADON (Studi di Puskesmas Kendalsari Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arinihiday-44489-1-pendahul-n.pdf

Download (605kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arinihiday-44489-2-babi.pdf

Download (399kB) | Preview

Abstract

Keyword : Pengetahuan, Kepatuhan, PTRM ABSTRAK Latar Belakang:Penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (NAPZA) sudah menjadi masalah di tingkat nasional sampai global. Penyalahgunaan NAPZA kebanyakan digunakan dengan cara suntik yang tidak aman, dari peralatannya yang digunakan berulang dan bergantian. Akibatnya, sangat mudah mendapat infeksi maupun virus. Maka diperlukan intervensi pengurangan dampak buruk dari penggunaan NAPZA dengan nama Program Terapi Rumatan Metadon (PTRM), merupakan suatu program terapi substitusi yang digunakan pada pengobatan medik untuk terapi ketergantungan opioid dan berada dalam pengawasan ketat karena terapi jangka waktunya lama sehingga membutuhkan tingkat kepatuhan yang tinggi dalam mengikuti PTRM. Salah satu faktor mempengaruhi kepatuhan pasien adalah pengetahuan. Tujuan: mengetahui apakah terdapat pengaruh pengetahuan terhadap kepatuhan pasien dalam menjalankan program terapi rumatan metadon di Puskesmas Kendalsari Kota Malang. Metode:Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Teknik sampling menggunakan purposive samplingdengan jumlah sampel 20 pasienyang mengikuti PTRM di Puskesmas Kendalsari. Analisa data menggunakan uji Chi-Square dengan nilai signifikansi (α=0,05). Hasil Dan Kesimpulan: Hasil penelitian menunjukkan dari 20 pasien yang memiliki pengetahuan “kurang baik” beperilaku “tidak patuh” dihasilkan 35% (7orang). Sedangkan pasien yang memiliki pengetahuan “baik” berperilaku “tidak patuh” dihasilkan 15% (3orang) dan pasien dengan pengetahuan “baik” berperilaku “patuh” dihasilkan 50% (10orang). Hasil analisa data menggunakan Uji Chi-Square diperoleh hasil FisherÂ’s Exactdimana nilai p-value sebesar 13,681 lebih besar dari nilai (df=1 yaitu sebesar 3,841), nilai signifikansinya sebesar 0,003 lebih kecil dari nilai (α=0,05), yang menunjukkan adanya pengaruh bermakna antara pengetahuan dengan kepatuhan pasien dalam menjalankan PTRM di Puskesmas Kendalsari.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Pharmacy (48201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 04 Oct 2016 03:04
Last Modified: 04 Oct 2016 03:04
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32902

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo