UMM Institutional Repository

PENGARUH IKLAN OBAT BATUK DI TELEVISI TERHADAP PEMILIHAN OBAT SECARA SWAMEDIKASI (Studi Dilakukan pada Ibu Rumah Tangga di Desa Genukwatu Jombang)

NURMASARI, DARA DESINTA (2016) PENGARUH IKLAN OBAT BATUK DI TELEVISI TERHADAP PEMILIHAN OBAT SECARA SWAMEDIKASI (Studi Dilakukan pada Ibu Rumah Tangga di Desa Genukwatu Jombang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-daradesint-44657-1-pendahul-n.pdf

Download (851kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-daradesint-44657-2-babi.pdf

Download (352kB) | Preview

Abstract

Keyword : Iklan obat batuk, televisi, swamedikasi, ibu rumah tangga ABSTRAK Swamedikasi menurut WHO (World Health Organization) adalah pemilihan dan penggunaan obat modern, herbal, maupun obat tradisional oleh seorang individu untuk mengatasi penyakit atau gejala penyakit. Informasi obat dalam pelaksanaan swamedikasi dapat diperoleh dari orang sekitarnya seperti keluarga, tetangga, teman dan juga diperoleh dari televisi yaitu berupa iklan. Salah satu contoh obat yang diiklankan di televisi adalah iklan obat batuk. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh iklan obat batuk di televisi terhadap pemilihan obat secara swamedikasi pada ibu rumah tangga di Desa Genukwatu Jombang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian inferensial yang dilakukan pada ibu rumah tangga di desa Genukwatu Jombang sebanyak 100 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah accidental sampling yang dilakukan di 7 dusun di wilayah desa Genukwatu Jombang dengan metode pengumpulan data secara survei melalui pendekatan Cross sectional. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan teknik analisis pada penelitian ini adalah regresi linier sederhana. Hasil penelitian ditunjukkan bahwa terdapat korelasi antara iklan obat batuk di televisi terhadap pemilihan obat secara swamedikasi yang ditunjukkan dengan nilai korelasi product moment rhitung > rtabel (0,298>0,195) dengan persamaan regresi linier sederhana Y = 1,069 + 0,276x. Iklan obat batuk di televisi memiliki pengaruh yaitu sebesar 8,9% terhadap pemilihan obat secara swamedikasi oleh ibu rumah tangga di desa Genukwatu Jombang sedangkan sebesar 91,1% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Pharmacy (48201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 04 Oct 2016 01:34
Last Modified: 04 Oct 2016 01:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32877

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo