UMM Institutional Repository

PENGARUH IKLAN OBAT DEMAM DI TELEVISI TERHADAP PEMILIHAN OBAT SECARA SWAMEDIKASI (Studi dilakukan pada Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Petungasri Pasuruan)

PUJIASTI, INTAN AYU (2016) PENGARUH IKLAN OBAT DEMAM DI TELEVISI TERHADAP PEMILIHAN OBAT SECARA SWAMEDIKASI (Studi dilakukan pada Ibu Rumah Tangga di Kelurahan Petungasri Pasuruan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-intanayupu-44659-1-pendahul-n.pdf

Download (674kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-intanayupu-44659-2-babi.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Keyword : iklan obat demam, pemilihan obat, swamedikasi ABSTRAK Swamedikasi merupakan upaya yang dilakukan masyarakat untuk mengobati dirinya sendiri dalam mengatasi keluhan-keluhan dan penyakit ringan yang dialami masyarakat. Hasil Survei Kesehatan Rumah Tangga tahun 2001 menyebutkan bahwa penduduk Indonesia yang menggunakan obat sesuai dengan aturan pengobatan sendiri untuk keluhan demam sebesar 78%. Tersedianya produk obat demam yang banyak di pasaran membuat sebagian produsen farmasi melakukan pemasaran dengan mengiklankan produknya di televisi. Penelitian ini membahas tentang swamedikasi keluhan demam berdasarkan informasi iklan obat di televisi untuk mengetahui apakah ada pengaruh iklan obat demam di televisi terhadap pemilihan obat secara swamedikasi pada ibu rumah tangga di kelurahan Petungasri Pasuruan. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan teknik inferensial. populasi pada penelitian ini adalah ibu rumah tangga di kelurahan Petungasri Pasuruan. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan pengambilan sampel secara accidental sampling dan penentuan area penelitian menggunakan metode stratified random sampling di 4 desa yang berada di Kelurahan Petungasri Pasuruan, kemudian data yang didapatkan dianalisis menggunakan analisa regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS versi 18 for windows. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat pengaruh yang signifikan antara iklan obat demam di televisi dan pemilihan obat secara swamedikasi pada ibu rumah tangga di kelurahan Petungasri Pasuruan dan besarnya pengaruh iklan obat demam di televisi terhadap pemilihan obat secara swamedikasi pada pada ibu rumah tangga di kelurahan Petungasri Pasuruan adalah 27,9%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Pharmacy (48201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 04 Oct 2016 01:28
Last Modified: 04 Oct 2016 01:28
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32875

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo