UMM Institutional Repository

PENGARUH IKLAN OBAT FLU UNTUK ANAK-ANAK DI TELEVISI TERHADAP PEMILIHAN OBAT SECARA SWAMEDIKASI (Studi Dilakukan pada Masyarakat di Desa Tumpang Malang)

UMMAH, KUNTUM KHOIRO (2016) PENGARUH IKLAN OBAT FLU UNTUK ANAK-ANAK DI TELEVISI TERHADAP PEMILIHAN OBAT SECARA SWAMEDIKASI (Studi Dilakukan pada Masyarakat di Desa Tumpang Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kuntumkhoi-44660-1-pendahul-n.pdf

Download (225kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kuntumkhoi-44660-2-babi.pdf

Download (248kB) | Preview

Abstract

Keyword : Iklan obat flu, televisi, obat flu untuk anak-anak, swamedikasi ABSTRAK Swamedikasi merupakan usaha dalam memilih dan menggunakan pengobatan yang dilakukan sendiri untuk menghilangkan gejala maupun rasa sakit tanpa bantuan dokter. Swamedikasi memiliki banyak keuntungan diantaranya dapat menghilangkan gejala atau rasa sakit jika dilakukan dengan tepat. Keluhan yang biasa diatasi dengan swamedikasi seperti demam, batuk, sakit kepala, flu dan lainnya. Flu merupakan salah satu keluhan kesehatan yang mudah menyerang anak-anak dan banyak diatasi dengan swamedikasi. Informasi mengenai obat flu untuk anak-anak yang dapat digunakan secara swamedikasi dapt diperoleh dari berbagai media seperti televisi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis inferensial dan instrumen yang digunagan berupa kuesioner. Teknik pengambilan sampel secara accidental sampling dengan penentuan wilayah sampling secara stratified random sampling kemudian data dianalisis menggunakan analisa regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS ver. 18 for windows. Penelitian ini dilakukan pada masyarakat di desa Tumpang Malang yang memiliki anak berusia 2 sampai dengan 12 tahun. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa iklan obat flu untuk anak-anak di televisi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap pemilihan obat secara swamedikasi Dari hasil analisis didapatkan nilai koefisien determinasi sebesar 9,3% dan hasil regresi sederhana didapatkan persamaan Y = 1,056 + 0,225x. sehingga dapat disimpulkan iklan obat flu untuk anak-anak memiliki pengaruh positif terhadap pemilihan obat di desa Tumpang Malang. Besar pengaruh iklan obat terhadap pemilihan obat adalah 9,3%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Pharmacy (48201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 04 Oct 2016 01:25
Last Modified: 04 Oct 2016 01:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32874

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo