UMM Institutional Repository

PROFIL PELAYANAN SWAMEDIKASI PENANGANAN GEJALA DEMAM PADA BALITA DENGAN METODE SIMULATED PATIENT (Studi di Apotek Wilayah Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang)

WULANDARI, EKA SEPTIANA (2016) PROFIL PELAYANAN SWAMEDIKASI PENANGANAN GEJALA DEMAM PADA BALITA DENGAN METODE SIMULATED PATIENT (Studi di Apotek Wilayah Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ekaseptian-44289-1-pendahul-n.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ekaseptian-44289-2-babi.pdf

Download (234kB) | Preview

Abstract

Keyword : Demam, Swamedikasi, Simulated Patient ABSTRAK Pelayanan kefarmasian telah bergeser orientasinya dari obat ke pasien yang mengacu kepada asuhan kefarmasian. Layanan kefarmasian di apotek meliputi pelayanan resep dan tanpa resep. Kebanyakan masyarakat menggunakan obat sendiri sebagai langkah pertama untuk mengobati penyakit, salah satunya demam. Demam adalah gejala yang sering menyerang anak-anak. Demam dapat diobati dengan obat-obatan tanpa resep. Antipiretik dapat digunakan sebagai obat demam yang dapat dibeli tanpa resep di apotek. Selama pelayanan kefarmasian, apoteker harus mendapatkan informasi terkait penyakit yang diderita oleh pasien sebelum memberikan obat, informasi terkait farmakologi dan informasi non farmakologi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil pengobatan sendiri untuk menangani gejala demam pada anak menggunakan metode simulated patient. Studi di apotek wilayah Lowokwaru, Malang. Penelitian dilakukan pada 29 apotek di Lowokwaru Malang. Penelitian ini menggunakan metode pasien simulasi dalam melakukan skenario. Pengumpulan keterangan dari staf apotek, pengembangan terapi farmakologi dan non farmakologi direkam, dicatat, dan ,dianalisis. Hasil penelitian menunjukkan, variabel patient assessment yang paling sering ditanyakan oleh petugas apotek adalah indikator menanyakan“siapa yang sakit” sebanyak 24 orang (83%), yang menanyakan usia 29 orang (100%), dan yang menanyakan tanda dan gejala sebanyak 11 orang (38%). Informasi farmakologi yang disampaikan oleh petugas apotek meliputi kandungan obat (90%), indikasi (100%), dosis (100%), waktu pemakaian (100%), efek samping (100%), durasi penggunaan (100%), penyimpanan obat (100%), kontraindikasi (100%), peringatan (86%), dan menyarankan kompres demam (69%). Sebanyak 73% informasi terkait obat diberikan setelah diberi pertanyaan arahan. Pelayanan ini sebanyak 10% dilakukan oleh apoteker, 55% dilakukan oleh tenaga tekhnik kefarmasian dan 35% dilakukan oleh karyawan lain.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Pharmacy (48201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 03 Oct 2016 08:14
Last Modified: 03 Oct 2016 08:14
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32826

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo