UMM Institutional Repository

HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG OBAT ASMA (SALBUTAMOL) INHALER DAN KETEPATAN DALAM PENGGUNAANNYA (Studi terhadap pasien asma di beberapa apotek Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang)

RAHMAWATI, NUR (2016) HUBUNGAN PENGETAHUAN TENTANG OBAT ASMA (SALBUTAMOL) INHALER DAN KETEPATAN DALAM PENGGUNAANNYA (Studi terhadap pasien asma di beberapa apotek Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurrahmawa-43394-1-pendahul-n.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurrahmawa-43394-2-babi.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

Keyword : Salbutmol inhaler, Pengetahuan dan Perilaku ABSTRAK Pendahuluan: Asma merupakan penyakit inflamasi kronis saluran napas yang ditandai dengan mengi, batuk, dan sesak di dada akibat penyumbatan saluran napas. Asma dapat diatasi dengan terapi nonfarmakologi dan farmakologi. Terapi farmakologi yaitu salbutamol (inhaler) sebagai obat pelega (relievers). Obat pelega digunakan saat asma sedang kambuh bertujuan untuk mengatasi serangan asma. Tujuan: Membuktikan adanya pengaruh hubungan pengetahuan tentang obat asma (salbutamol) inhaler dan ketepatan dalam penggunaanya pada pasien asma di beberapa Apotek Kecamatan Lowokwaru, Kota Malang. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik yang digunakan berupa kuesioner dengan pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Penelitian ini dianalisa dengan metode korelasi spearman. Hasil Penelitian dan Kesimpulan: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 32 responden memiliki pengetahuan yang baik sebanyak 22 orang (69%), sebanyak 9 orang memilki pengetahuan cukup baik (28 % ), dan sebanyak 1 orang memiliki pengetahuan kurang baik (3 %). Responden yang memiliki perilaku yang tepat menunjukan nilai T responden lebih besar dari nilai T kelompok 19 orang (59%) dan 13 orang memiliki perilaku tidak tepat menunjukan nilai T responden lebih kecil dari nilai T kelompok (41 %). Hasil analisa menunjukkan bahwa ada pengaruh hubungan pengetahuan dengan ketepatan penggunaan terhadap obat asma (salbutamol) inhaler dengan nilai rhitung lebih besar daripada rtabel (0,810>0,199), dan tingkat signifikan kurang dari α(0,000<0,050).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Pharmacy (48201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 03 Oct 2016 07:09
Last Modified: 03 Oct 2016 07:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32813

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo