UMM Institutional Repository

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PERILAKU YANG BERPENGARUH TERHADAP KETEPATAN PENGGUNAAN OBAT ANTIHIPERTENSI CAPTOPRIL (di Puskesmas Wisata Dau - Kabupaten Malang)

RAHMAWATI, NOVIA (2016) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR PERILAKU YANG BERPENGARUH TERHADAP KETEPATAN PENGGUNAAN OBAT ANTIHIPERTENSI CAPTOPRIL (di Puskesmas Wisata Dau - Kabupaten Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-noviarahma-43397-1-pendahul-n.pdf

Download (707kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-noviarahma-43397-2-babi.pdf

Download (365kB) | Preview

Abstract

Hipertensi merupakan peningkatan tekanan darah yang berlebihan pada arteri. Tekanan dihasilkan oleh kekuatan jantung ketika memompa darah. Salah satu obat anti hipertensi adalah captopril. Ketepatan penggunaan obat anti hipertensi sangat penting untuk keberhasilan terapi. Ketepatan penggunaan obat dipengaruhi oleh faktor-faktor perilaku seperti factor predisposisi yang terdiri atas pengetahuan dan sikap, faktor pemungkin (ketersediaan sarana dan prasarana), maupun faktor penguat (sikap dan perilaku petugas kesehatan). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor perilaku yang berpengaruh terhadap ketepatan penggunaan obat anti hipertensi captopril. Penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental dengan rancangan penelitian observasional analitik. Subjek penelitian ini adalah responden yang ada di Puskesmas Wisata Dau Kabupaten Malang yang memenuhi criteria inklusi. Jumlah responden sebanyak 100 dipilih secara accidental sampling. Tekhnik pengambilan data dengan menggunakan kuesioner. Data dianalisis dengan korelasi Chi-square menggunakan SPSS versi 21 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan (faktor predisposisi) dengan nilai p = 0,003, sikap (faktor predisposisi) dengan nilai p = 0,041, dan faktor penguat dengan nilai p = 0,033, berpengaruh terhadap ketepatan penggunaan obat. Sedangkan faktor pemungkin dengan nilai p = 0,075 tidak terdapat hubungan bermakna dengan ketepatan penggunaan obat. Hasil analisis regresi logistic diperoleh bahwa faktor yang memiliki hubungan bermakna secara signifikan adalah pengetahuan (faktor predisposisi) dengan nilai P = 0,004 dan nilai OR sebesar 0,293. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu faktor-faktor yang berpengaruh terhadap ketepatan penggunaan obat anti hipertensi captopril berdasarkan analisis bivariat adalah pengetahuan (faktor predisposisi), sikap (faktor predisposisi), dan faktor penguat (sikap dan perilaku petugas kesehatan). Sedangkan berdasarkan analisis multivariat faktor yang memiliki hubungan bermakna secara signifikan adalah faktor pengetahuan (predisposisi).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Pharmacy (48201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 03 Oct 2016 07:06
Last Modified: 05 Feb 2018 08:51
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32812

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo