UMM Institutional Repository

REPRESENTASI CITRA PEREMPUAN DALAM IKLAN DI TELEVISI (ANALISIS SEMIOTIK DALAM IKLAN SAMSUNG GALAXY S7 VERSI THE SMARTES7 ALWAYS KNOWS BEST)

Ardhyan, Yudha Fahmy (2016) REPRESENTASI CITRA PEREMPUAN DALAM IKLAN DI TELEVISI (ANALISIS SEMIOTIK DALAM IKLAN SAMSUNG GALAXY S7 VERSI THE SMARTES7 ALWAYS KNOWS BEST). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yudhafahmy-44634-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yudhafahmy-44634-2-babi.pdf

Download (322kB) | Preview

Abstract

eyword : Iklan Televisi, Representasi, Perempuan Iklan televisi merupakan media yang dapat mempengaruhi khalayak yang menyaksikan tayangannya. Dalam periode ini telepon seluler begitu diminati oleh khalayak Indonesia, sehingga iklan telepon seluler kian banyak bermunculan di televisi, disajikan dengan sekreatif mungkin agar menarik perhatian pemirsa, seperti ditanamnya konsep-konsep dengan tujuan untuk mengubah suatu ideologi yang sudah ada di masyarakat, sehingga mengikuti ideologi yang terdapat dalam iklan tersebut. Penelitian ini berjudul “Representasi Citra Perempuan Dalam Iklan di Televisi (Analisis Semiotik Dalam Iklan Samsung Galaxy S7 versi The SMARTES7 Always Knows Best)”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui makna dan tujuan yang terkandung dalam iklan Samsung Galaxy S7 versi “The SMARTES7 Always knows best” sehingga dapat ditemukan representasi citra perempuan yang ditanamkan dalam iklan tersebut. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan beberapa teori yang relevan, yaitu: Komunikasi Massa, Semiotika, Semiotika Iklan, Semiotika Roland Barthes, Representasi serta Feminisme. Penelitian ini menggunakan analisis semiotika dengan perangkat analisis semiologi Roland Barthes berupa signikasi dua tahap (two order of signification); denotasi dan konotasi, yang kemudian dibagi dalam penanda, petanda, level denotasi dan level konotasi. Hasil penelitian ini menemukan bahwa citra perempuan yang terdapat di dalam iklan Samsung Galaxy S7 versi “The SMARTES7 Always knows best” adalah Kecerahan Masa Depan. Digambarkan bahwa seorang wanita yang berwajah cantik, berpenampilan modis dan glamor, berprofesi sebagai dokter, pemain harpa, seorang yang dermawan, kaya dan hidup mewah merupakan wanita yang memiliki masa depan cerah. Seolah-olah dalam hidup wanita tersebut selalu bahagia dan tidak pernah didatangi oleh kesusahan. Citra yang ditampilkan di sini akan menjadi kesalahan persepsi dalam masyarakat, jika penonton menelan mentah-mentah ideologi yang tertanam dalam iklan ini. Pada kenyataannya, wanita dengan masa depan cerah tidak hanya dapat diukur dari kecantikan, profesinya sebagai dokter, kekayaan dan semua konsep wanita yang terdapat dalam iklan ini. Melainkan masih banyak hal lain yang dapat menjadikan masa depan seorang wanita itu cerah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 29 Sep 2016 09:33
Last Modified: 29 Sep 2016 09:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32663

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo