UMM Institutional Repository

MAKNA KRITIK SOSIAL PADA PUISI KARYA WIJI THUKUL ( Analisis Semiotika Puisi Wiji Thukul pada Buku Kumpulan Puisi Nyanyian Akar Rumput )

Hardiansyah, Febri (2016) MAKNA KRITIK SOSIAL PADA PUISI KARYA WIJI THUKUL ( Analisis Semiotika Puisi Wiji Thukul pada Buku Kumpulan Puisi Nyanyian Akar Rumput ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-febrihardi-44635-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-febrihardi-44635-2-babi.pdf

Download (354kB) | Preview

Abstract

Keyword : Wiji Thukul, Semiotika, Kritik Sosial, Orde Baru Wiji Thukul adalah penyair yang besar di era Orde Baru. Sebagai penyair Wiji melakukan proses komunikasi melalui puisinya. Ini membuktikan bahwa sastra juga merupakan media komunikasi massa. Dalam puisinya, Wiji mencoba menyampaikan gagasan ataupun kritik kepada Orde Baru. Dengan gagasan bahwa sastra juga merupakan media komunikasi lebih lagi sebagai media kritik sosial, menjadi menarik untuk diteliti makna kritik yang ada pada puisi Wiji Thukul. Penelitian akan menggunakan analisis semiotika untuk membongkar makna kritik sosial yang terdapat pada puisi Wiji Thukul. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis interpretatif, dan dasar penelitian ini adalah analisis semiotika. Perangkat analisis semiotika yang digunakana adalah model semiotika Roland Barthes melalui tiga unsur denotasi, konotasi, dan mitos. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa Wiji Thukul melalui puisinya mencoba menggugah sekaligus mencoba berbicara tentang kebenaran bahwa rakyat kecil selalu tertindas oleh pemerintahnya sendiri. Selain itu melalui puisinya, Wiji juga mencoba memberikan kritik sekaligus menjadikan puisinya sebagai media penyadaran kepada rakyat kecil untuk lebih berani dan sadar akan ketertindasannya oleh kekuasaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Wiji Thukul menggunakan puisinya sebagai media penyampai kritik terhadap pemerintah yang tak mampu menjadi pelayan bagi rakyat kecil. Melalui puisinya Wiji juga mencoba menempatkan fungsi sastra sebagai media penyadaran pada kaumnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 29 Sep 2016 09:29
Last Modified: 29 Sep 2016 09:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32662

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo