UMM Institutional Repository

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN EVENT IRAU 2014 DALAM MENARIK MINAT PENGUNJUNG (Studi pada Bidang Humas Kabupaten Malinau Provinsi Kalimantan Utara)

Safitri, Fenty (2016) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN EVENT IRAU 2014 DALAM MENARIK MINAT PENGUNJUNG (Studi pada Bidang Humas Kabupaten Malinau Provinsi Kalimantan Utara). UNSPECIFIED thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fentysafit-44636-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fentysafit-44636-2-babi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keyword : Strategi Komunikasi Pemasaran, Studi pada Bidang Humas Suatu event tidakakanberhasiljikatidakmenggunakankomunikasipemasaran yang tepat, maka komunikasi pemasaran memang sangat penting untuk menginformasikan suatu event agar dapat diketahui oleh target audiensnya. Seperti yang dilakukan oleh bagian Humas dan Protokol selaku seksi acara dalam event Irau 2014, yaitu untuk menginformasikan event Irau 2014 kepada masyarakat dan akhirnya dapat menarik minat pengunjung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran event Irau tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pull strategy, pull strategy merupakankegiatan pemasaran yang mencakup periklanan dan promosi yang diarahkan kepada pemakaian akhir. Penelitian inimenggunakan jenis penelitian kualitatif dan tipe penelitiana dalah deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini mengacu pada pendapat Matthew dan Michael dalam Patilima (2005:98-99) yaitu (a) reduksi data (b) penyajian data (c) kesimpulandanverivikasi. Teknikkeabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi data atau trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi pemasaran event irau 2014 dalam menarik minat pengunjung adalah sebagai berikut:Strategi yang digunakan untuk menyampaikan pesan tersebut adalah dengan menggunakan pull strategy, dimana Bidang Humas dan Protokol melakukan kegiatan pemasaran dengan menggunakan periklanan dan promosi. Pull Strategy tepat digunakan karena event ini merupakan event yang sangat dinantikan oleh masyarakat karena pull strategy ini digunakan jika terdapat kesetiaan merek yang tinggi. Media yang dipilih adalah dengan menggunakan media massa, yaitu dengan menggunakan spanduk, baliho, media cetak, dan media internet. Namun strategi yang telah dilakukan Bidang Humas dan Protokol Kabupaten Malinau belum dapat dibuktikan mampu menarik minat pengunjung karena sejauh ini belum ada alat pengukur yang dapat digunakan Bidang Humas dan Protokol untuk mengukur seberapa efektif strategi komunikasi pemasaran yang telah dilakukan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 29 Sep 2016 09:20
Last Modified: 29 Sep 2016 09:20
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32661

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo