UMM Institutional Repository

OBJEKTIVITAS PEMBERITAAN PASANGAN CALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI KEDIRI (Analisis Isi Program Acara Warta 6 Pada Masa Kampanye di KSTV Kediri)

Hardyanata, Hendra (2016) OBJEKTIVITAS PEMBERITAAN PASANGAN CALON BUPATI DAN WAKIL BUPATI KEDIRI (Analisis Isi Program Acara Warta 6 Pada Masa Kampanye di KSTV Kediri). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hendrahard-44638-1-pendahul-n.pdf

Download (549kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hendrahard-44638-2-babi.pdf

Download (255kB) | Preview

Abstract

Keyword : Objektifitas; Media Massa; Televisi; Berita.Pemilu Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tuntutan agar media massa televisi berkinerja secara profesional, independen dan obyektif dalam pemberitaan mengenai Pemilu. Dalam upaya ini penelitian menjadikan pemilu yang diadakan di Kediri pada tanggal 9 Desember 2015 terhadap calon bupati dan wakil bupati yang akan berlaga pada Pemilihan Umum. Peneliti mengambil sampel pada stasiun televisi lokal yaitu KSTV yang merupakan stasiun televisi lokal yang ada di Kediri dan memiliki program siaran acara berita yaitu warta 6 yang disiarkan setiap harinya pada pukul 18.00 wib sebagai program acara berita yang akan dianalisis karena KSTV merupakan tv lokal yang jangkauanya luas meliputi seluruh kabupaten kediri yang memberitakan pasangan calon bupati dan wakil bupati kediri. Rumusan masalah yang dapat ditarik adalah Bagaimana Relevansi, Keseimbangan dan Netralitas dalam pemberitaan pemilu tentang pasangan calon bupati dan wakil bupati kabupaten Kediri pada program berita warta 6 di KSTV ? Untuk menganalisis digunakan teori Obyektifitas menurut Westerstahl yang meliputi tiga kategori yaitu Relevansi, Netralitas, dan Keseimbangan. Sedangkan pada metode penelitian peneliti menggunakan analisi isi deskriptif yang merujuk kepada penemuan obyektifitas pemberitaan mengenai pemilu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan data-data numerik yang dianalisis berasal dari data-data yang sudah dikategorisasikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya Kategori relevansi, KSTV dalam menyajikan berita kedua pasangan calon bupati dan wakil bupati kediri cenderung menjaga relevansi berita dengan presentase sebesar 87% dengan meminimalisasi hal-hal yang mengandung ketidaksesuaian berita dalam penyampaianya sedangkan berita yang tidak relevan hanya 11%. Kategori netralitas, berita yang disajikan oleh KSTV Kediri pada program berita warta 6 antara berita dengan fakta atau antara pemberitaan yang ditampilkan dengan peristiwa yang terjadi belum maksimal dengan presentase sebesar 87% dengan adanya pemberitaan yang disajikan mencampur fakta dan opini sedangkan memisahkan fakta dan opini memperolehh presentase 12%. Kategori keseimbangan, media televisi lokal ini cenderung menggunakan narasumber tidak berimbang dengan presentase sebesar 60,9% sehingga lebih menonjolkan menggunakan teknik liputan satu sisi dari pada banyak sisi, dari narasumber berimbang hanya memperoleh presentase 39,1%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 29 Sep 2016 09:14
Last Modified: 29 Sep 2016 09:14
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32659

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo