UMM Institutional Repository

OBJEKTIVITAS BERITA DALAM INFOTAINMENT DI STASIUN TELEVISI SWASTA (Analisis Isi Program Tayangan Entertainment News Pada Stasiun Televisi NET Tv)

INDRIARTI, IMELDA (2016) OBJEKTIVITAS BERITA DALAM INFOTAINMENT DI STASIUN TELEVISI SWASTA (Analisis Isi Program Tayangan Entertainment News Pada Stasiun Televisi NET Tv). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-imeldaindr-44639-1-pendahul-n.pdf

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-imeldaindr-44639-2-babi.pdf

Download (224kB) | Preview

Abstract

Keyword : Jurnalistik, Infotainment, Analisis Isi Banyaknya jumlah atau jenis Infotainment dalam industri televisi saat ini memberikan banyak pilihan bagi masyarakat khususnya bagi penikmat tayangan infotainment untuk memperoleh hiburan dan informasi mengenai selebritis yang menjadi idola mereka. Entertainment News merupakan salah satu yang digemari oleh masyarakat. Hadir dengan tagline “No Gossip” dan berkonsep berita membuat peneliti tertarik untuk melakukan penelitian mengenai objektivitas berita dalam tayangan infotainment Entertainment News. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Seberapa tinggi tingkat objektivitas berita dalam program tayangan Entertainment News NET Tv?” tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat objektivitas berita dalam program infotainment “Entertainment News”. Konsep atau teori yang relevan dengan penelitian ini yaitu teori objektivitas yang dijelaskan oleh McQuail yaitu, objektivitas memiliki dua komponen utama meliputi faktualitas dan Imparsialitas. Faktualitas merupakan hal yang berhubungan dengan kualitas suatu berita yang dapat disub kategorikan lagi meliputi kebenaran dan relevansi. Sedangkan komponen kedua yaitu Imparsialitas merupakan penyajian berita secara adil semua sisi dari peristiwa dan perdebatan yang diberitakan, serta dapat disub kategorikan lagi meliputi keseimbangan dan netralitas. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif. Metode ini dirasa tepat untuk mengetahui seberapa besar frekuensi kemunculan objektivitas berita dalam tayangan Entertainment News. Unit analisis penelitian ini adalah berita-berita dalam tayangan Entertainment News yang meliputi kalimat pada lead berita yang dibacakan oleh presenter acara dan narasi berita pada tayangan Entertainment News, dengan satuan ukur dalam penelitian ini adalah menit dari program Entertainment News yang menjurus ke kategorisasi yang telah dibuat oleh peneliti serta frekuensi kemunculannya pada tiap-tiap berita. Ruang lingkup penelitian ini adalah tayangan Entertainment News edisi 13 April 2016. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemunculan indikator-indikator objektivitas berita meliputi kebenaran, relevansi, keseimbangan, netralitas terdapat pada berita-berita dalam tayangan Entertainment News. Indikator objektivitas berita tersebut pada Entertainment News Edisi 13 April 2016 tersebut total sebesar 97,05%. Data terbukti reliable pada uji reabilitas antara peneliti dengan koder 1 sebesar 0,90 dan antara peneliti dengan koder 2 sebesar 0,83. Dari hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa dalam mengolah dan menyampaikan informasi dalam bentuk berita, tayangan Entertainment News telah menerapkan indikator objektivitas pada setiap pemberitaannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 29 Sep 2016 09:11
Last Modified: 29 Sep 2016 09:11
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32658

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo