UMM Institutional Repository

PERSEPSI MAHASISWA PADA SIARAN BERITA DI STASIUN TV LOKAL DI LOMBOK TV (Studi Pada Mahasiswa Universitas Mataram yang Berdomisili di Mataram)

Sardi, Lalu Idris (2016) PERSEPSI MAHASISWA PADA SIARAN BERITA DI STASIUN TV LOKAL DI LOMBOK TV (Studi Pada Mahasiswa Universitas Mataram yang Berdomisili di Mataram). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-laluidriss-44640-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-laluidriss-44640-2-babi.pdf

Download (361kB) | Preview

Abstract

Keyword : Persepsi Mahasiswa Mataram, Siaran Berita di Lombok TV. Lombok merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki stasiun televisi lokal yaitu Lombok TV. Siaran berita yang ditayangkan stasiun Lombok Tv ini menitikberatkan pada tayangan seputar kebudayaan daerah dan berita lokal. Televisi lokal sendiri lebih memfokuskan siaran yang berbau pemerintah di daerah itu sendiri dari pada pemberitahuan di daerah lainnya. Sehingga program Lombok tv ini mengakibatkan remaja atau mahasiswa di Lombok tepatnya di Mataram kurang tertarik pada program yang disiarkan. Perbedaan respon ini menurut Melvin De Fleur (Mc Quail, 1994:235) telah di jelaskan dalam teori perbedaan individu (the individual differences theory of mass communication effects) dengan asumsi bahwa masing-masing individu memiliki motivasi dan pengalaman yang berbeda sebagai hasil belajar dari lingkungannya yang berbeda-beda pula. Lingkungannya yang berbeda ini, akan terbentuk sikap, nilai-nilai serta kepercayaan individu yang mendasari kepribadian mereka, kemudian akan mempengaruhi cara mereka memandang dan menghadapi sesuatu, sehingga persepsi mereka pun ikut berbeda sehubungan dengan perbedaan kepribadian. Dalam penyusunan naskah ini, Peneliti menggunakan kualitatif yang bersifat Deskriptif, yang bertujuan untuk mengungkapkan fakta, keadaan, fenomena, variabel dan keadaan yang terjadi saat penelitian, penulis menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, hal ini dilakukan karena terbatasnya sumber penulis dalam mengkaji stasiun lombok TV tersebut, stasiun lombok TV yang berada di Mataran yang dekat dengan kampus UNRAM Mataran, penelitian ini juga menggunakan analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukan adanya persepsi mahasiswa universitas mataram pada siaran berita di stasiun televisi lokal di lombok tv. Persepsi mahasiswa tersebut yaitu mereka memandang program siaran tv lokal kurang menarik dari pada siaran tv nasional. Sehingga mahasiswa universitas mataram mengambil keputusan untuk lebih mengkonsumsi siaran tv nasional. Adapun dampaknya mahasiswa di lombok kurang mengetahui informasi atau peristiwa yang terjadi di lombok. Tidak hanya itu, dari analisa menggambarkan adanya perbedaan pendapat pada setiap mahasiswa. Perbedaan pendapat dari setiap mahasiswa terdapat hal positif dan negatif. Pendapat yang bersifat positif dari mahasiswa yaitu mereka tertarik dengan program yang di siarkan oleh tv lombok, sedangkan yang negatif yaitu cara penyampaian penyiar dalam acara tv lombok masih bersifat kaku dan terpaku pada teks sehingga masih banyak kekurangan pada progaram tv lombok.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 29 Sep 2016 09:09
Last Modified: 29 Sep 2016 09:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32657

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo