UMM Institutional Repository

PROSES ADAPTASI MAHASISWA DALAM KOMUNIKASI ANTARBUDAYA (Studi Pada Perkumpulan Mahasiswa Ternate di Malang)

Fadillah, Puspita (2016) PROSES ADAPTASI MAHASISWA DALAM KOMUNIKASI ANTARBUDAYA (Studi Pada Perkumpulan Mahasiswa Ternate di Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-puspitafad-44641-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-puspitafad-44641-2-babi.pdf

Download (189kB) | Preview

Abstract

Keyword : Proses Adaptasi, Komunikasi Antarbudaya, Mahasiswa Penelitian ini mendeskripsikan proses adaptasi budaya pada Mahasiswa Ternate yang tinggal di Malang dan tergabung dalam Perkumpulan Mahasiswa Taranoate (Ternate). Setiap individu yang melakukan migrasi akan melakukan penyesuain diri terhadap lingkungan yang baru ditempati untuk membuat dirinya nyaman. Begitu pula dengan mahasiswa Ternate di Malang. Perbedaan budaya yang berbeda menuntut mahasiswa Ternate dapat beradapatasi dengan kondisi masyarakat di Malang, sehingga pada awal masa perkuliahan terdapat perbedaan dalam segi budaya keseharian yang dapat membuat mahasiswa Ternate merasa stres dalam menjalani adaptasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif menggunakan dasar penelitian naturalistik. Sebanyak 6 orang mahasiswa dari Perkumpulan Mahasiswa Taranoate (Ternate) menjadi subjek penelitian dengan penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive sampling yang dipilih berdasarkan kriteria khusus. Proses pengumpulan data melalui wawancara mendalam dengan menggunakan teori proses adaptasi budaya, hal-hal yang diperhatikan dalam melangsungkan komunikasi antarbudaya, konsep diri, kesadaran diri, dan pengelolaan konflik. Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles dan Huberman (pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan) dengan uji keabsahan menggunakan uraian rinci. Hasil penelitian ini menunjukkan 4 tahapan proses adaptasi budaya menurut teori Lary A. Samovar yang dikutip dalam (Samovar, 2010:477) dilakukan oleh mahasiswa Ternate yang tergabung dalam Perkumpulan Mahasiswa Taranoate (Ternate) di Malang. Tahapan tersebut diantaranya: fase honeymoon, fase frustasi, fase recovery, dan fase resolution. Proses adaptasi budaya ini juga dilihat sebagai kurva-U. Dimana semua subjek pada penelitian mengalami kebahagiaan pada awal penggunaan bahasa Indonesia dalam interaksi sehari-hari di Malang, mengalami konflik akan penggunaan bahasa Indonesia tidak sesuai dengan paham budaya pelaksanaan komunikasi dalam hal-hal yang harus diperhatikan dalam komunikasi antarbudaya, mencari solusi atas konflik yang dihadapi, dan mengakhiri proses adaptasi dengan cara yang berbeda yang membuat mahasiswa Ternate merasa nyaman selama berada di Malang. Dengan melakukan adaptasi budaya dapat menciptakan komunikasi yang efektif dan dapat menjalin hubungan yang harmonis dalam menjalin hubungan antarbudaya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 29 Sep 2016 09:06
Last Modified: 29 Sep 2016 09:06
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32656

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo