UMM Institutional Repository

MOTIF MENONTON VIDEO DOES "DIARY OF ERIX SOEKAMTI" DI YOUTUBE (Studi pada Anggota Aktif Komunitas Kamtis Malang)

Adipura, Yudha (2016) MOTIF MENONTON VIDEO DOES "DIARY OF ERIX SOEKAMTI" DI YOUTUBE (Studi pada Anggota Aktif Komunitas Kamtis Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yudhaadipu-44642-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yudhaadipu-44642-2-babi.pdf

Download (380kB) | Preview

Abstract

Keyword : Motif, Video Does “Diary Of Erix Soekamti”, Youtube, Video Blog (Vlog) Sebagai tayangan video blog (vlog) diary anak band pertama yang ada di Youtube, tayangan DOES “Diary of Erix Soekamti” memiliki keunggulan-keunggulan dibandingkan dengan acara vlog yang lain. Tayangan ini menampilkan diary dari salah satu anggota band Endank Soekamti, yaitu Erix Soekamti yang mempunyai dua sisi positif yakni informatif dan edukatif. Tayangan DOES banyak menginspirasi anggota Kamtis Malang yang merupakan fans dari band Endank Soekamti dan membuat Kamtis Malang secara rutin menonton tayangan tersebut. Hal ini yang melatar belakangi peneliti untuk meneliti motif apa saja yang membuat anggota Kamtis Malang menonton video DOES sehingga mereka merasa terinspirasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan apa saja motif anggota Kamtis Malang menonton tayangan DOES "Diary of Erix Soekamti" di You Tube. Penelitian ini menggunakan teori uses and gratification. Adapun pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan tipe deskriptif. Penelitian ini memilih delapan orang anggota komunitas Kamtis Malang yang memenuhi kriteria sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman (pengumpulan data, reduksi, penyajian data, kesimpulan). Dari hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat empat motif audiens yang muncul yaitu (1) motif untuk mengetahui, bentuk pengetahuan atau sejauh mana pengetahuan audiens terhadap tayangan video DOES di Youtube. (2) motif keunggulan, menunjukkan sejauh mana audiens untuk mengetahui keunggulan-keuanggulan yang dimiliki oleh tayangan video DOES di Youtube sehingga dapat diketahui keunggulan atau perbedaan dibandingkan dengan acara yang lain. (3) motif persesuian atau kecocokan, menunjukkan minat audiens untuk menoton tayangan vlog tersebut. (4) motif penghidupan, menunjukkan upaya audiens untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik dari tayangan tersebut.   Motivasi audiens menonton tayangan video DOES karena adanya kebutuhan-kebutuhan yang muncul, yaitu kognitif (mencari informasi mengenai teknik fotografi, cinematografi, musik, maupun bisnis), afektif (sumber kebahagiaan atau kepuasan menonton tayangan yang sesuai dengan minat subyek), integratif personal (kepercayaan diri karena mendapatkan ilmu baru), integratif sosial (sosialisasi dengan lingkungan atau anggota kamtis lainnya, vlogers, Youtubers, serta masyarakat luas) dan hiburan. Sehingga untuk mencapai kepuasan yang sama, audiens akan termotivasi kembali menonton tayangan tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 29 Sep 2016 09:01
Last Modified: 29 Sep 2016 09:01
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32655

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo