UMM Institutional Repository

Hubungan Terpaan Rubrik tj Modis Terhadap Gaya Berbusana Remaja (Studi Pada Pelanggan Majalah Gadis di Kedawung Agency Malang)

Damayantie, Safitri Erristia (2016) Hubungan Terpaan Rubrik tj Modis Terhadap Gaya Berbusana Remaja (Studi Pada Pelanggan Majalah Gadis di Kedawung Agency Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-safitrierr-44643-1-pendahul-n.pdf

Download (414kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-safitrierr-44643-2-bab1.pdf

Download (391kB) | Preview

Abstract

Keyword : Terpaan Media, Rubrik tj Modis, Gaya Berbusana dan Remaja Gaya hidup merupakan ekspresi dari ambisi individual untuk mencipatakan identitas pribadi, oleh karena itu gaya hidup remaja sering kali digunakan dalam mendeskripsikan dalm pengelompokan penggunaan media. Seperti halnya jika para remaja selalu mengakses media elektronik ataupun cetak untuk memenuhi kebutuhan gaya hidupnya agar tidak ketinggalan jaman di antara teman-temannya. Tidak aneh jika para remaja ketika membeli sebuah majalah dan bahkan berlangganan majalah tersebut untuk menunjang kebutuhan berbusananya. Pada umumnya majalah menyediakan halaman khusus seputar dunia fashion yang lagi trend pada masa itu sampai dengan urusan padu padan busana agar terlihat cocok untuk digunakan para remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahuipengaruh terpaan dari rubrik tj modis terhadap gaya berbusana remaja pelanggan majalah gadis di KedawungAgency Malang. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif, karena hendak mengukur variabel-variabel dan tingkat hubungan pengaruh antar variabel yang satu terhadap yang lain. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan majalah Gadis di Kedawung Agency Kota Malang dengan usiaminimal 17 – 23 tahun. Teknik sampling yang digunakandalam penelitian ini adalah total sampling atau sampling jenuh, yakni teknik pengambilan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel (Sugiyono, 2010:68). Sehingga sampel dalam penelitian ini adalah pelanggan majalah Gadis Kota Malang yang berusia 17 – 23 dengan jumlah 44 orang. Teknik analisis data yang digunakan sesuai dengan tujuan penelitian, maka pada penelitian ini menggunakan teknik analisis korelasi Pearson berdasarkan rumus korelasi product moment. Pendekatan teori yang digunakan yaitu Dalam teori Magic Bullet, media seperti sebuah pistol yang menembakkan pesan kepada khalayak (audience). Sedangkan teori Hipodermik Needle menggunakan analogi yang berbeda yaitu dengan mengumpamakan media seperti jarum yang menyuntikkan pesan kepada khalayak. Kedua metafora ini menyatakan bahwa penyebab individu-individu berpikir dan berperilaku adalah merujuk pada pesan yang mereka terima (Littlejohn & Foss, 2005:298). Berdasarkan hasil penelitian di atas dan setelah melakukan analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Terpaan Rubrik tj Modis terhadap gaya berbusana remaja.Dari perhitungan dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh terpaan dari rubrik tj modis terhadap gaya berbusana remaja pelanggan majalah gadis di KedawungAgency Malang yaitu sebesar 0,617. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang cukup kuat antara rubrik tj modis terhadap gaya berbusana remaja pelanggan majalah gadis di KedawungAgency Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 29 Sep 2016 08:41
Last Modified: 29 Sep 2016 08:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32654

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo