UMM Institutional Repository

Propaganda Amerika pada Video Game Call Of Duty (Analisis Semiotika Video Game "Call Of Duty Modern Warfare" Episode I)

Windiarto, Rizky Agung (2016) Propaganda Amerika pada Video Game Call Of Duty (Analisis Semiotika Video Game "Call Of Duty Modern Warfare" Episode I). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizkyagung-44644-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizkyagung-44644-2-babi.pdf

Download (209kB) | Preview

Abstract

Keyword : Propaganda, Militer, Negara adidaya, Amerika Serikat, Inggris, Video game, Call Of Duty Video game merupakan salah satu media komunikasi yang terdapat pada new media (media baru). Dikatakan sebagai media komunikasi karena merupakan bentuk komunikasi yang menggunakan saluran (media), dalam menghubungkan komunikator dan komunikan secara massal dan dapat dapat menimbulkan efek serta pemahaman tertentu. Efek dalam video game yang tidak jauh berbeda dengan film, tidak terlepas dari penghargaan dan keberhasilan sebuah pesan yang telah disampaikan dalam cerita. Seperti video game Call Of Duty : Modern Warfare Episode I yang diluncurkan pada tahun 2007. Hal yang menarik untuk diteliti dalam video game ini adalah terdapat pesan-pesan propaganda Amerika Serikat yang dikemas dalam tanda-tanda tertentu yang terdapat pada tokoh karakter dan alur cerita pada misi tertentu. Propaganda adalah suatu aliran di antara banyak aliran komunikasi yang memiliki karakteristik hubungan interpersonal pada masyarakat tertentu. Dalam penelitian ini, peneliti ingin membuka makna pesan serta jenis propaganda Amerika yang terdapat pada video game Call Of Duty : Modern Warfare Episode I. Penelitian ini menggunakan teori semiotik model Roland Barthes, yang mencakup pembahasan tentang denotasi (makna sebenarnya), konotasi (makna ganda yang lahir dari personal serta kultural) dan mitos (apa bila ada). Simbol-simbol yang muncul berkaitan dengan propaganda kekuatan militer Amerika Serikat diantaranya sistem persenjataan, kekuatan personil militer, strategi kombinasi peralatan militer antara kendaraan tempur dan pasukan infantri. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tipe interpretatif. Penelitian interpretatif adalah penelitian untuk memaknai tanda sesuai pemahaman peneliti, namun dengan mengaitkan referensi untuk mendukung validitas penelitian. Untuk mendapatkan data penelitian peneliti menggunakan data berupa soft file video game Call Of Duty : Modern Warfare Episode I, dan juga berupa buku, jurnal, penelitian terdahulu serta website yang berasal dari internet untuk mendukung penelitian. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Amerika Serikat memiliki tujuan untuk menonjolkan sisi moral jiwa kepahlawanan militer Inggris dan Amerika serta menunjukkan keberhasilan kerja sama dalam bidang militer, kecanggihan teknologi militer serta kemampuan (skills) individu prajurit Inggris dan Amerika dalam menghadapi pemberontak Russia dan pemberontak Al-Asad. Video game ini memiliki segmentasi untuk penggemar video game berusia 17 tahun ke atas dan dapat diterima oleh para penggemarnya. Hal ini memiliki manfaat untuk memunculkan persepsi sendiri bagi penggemar agar memiliki pandangan baik terhadap militer Amerika Serikat dalam melawan kejahatan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 29 Sep 2016 08:38
Last Modified: 29 Sep 2016 08:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32653

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo