UMM Institutional Repository

REPRESENTASI MASKULINITAS PADA MAJALAH PRIA (Analisis Semiotik Pada Foto Model Dalam Cover Majalah Esquire Indonesia)

Priambodho, Dewangga (2016) REPRESENTASI MASKULINITAS PADA MAJALAH PRIA (Analisis Semiotik Pada Foto Model Dalam Cover Majalah Esquire Indonesia). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dewanggapr-44588-1-pendahul-n.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dewanggapr-44588-2-babi.pdf

Download (191kB) | Preview

Abstract

Keyword : maskulinitas, Esquire Indonesia, komunikasi massa Majalah Esquire Indonesia adalah salah satu dari sekian banyak majalah pria yang beredar di Indonesia. Berasal dari Amerika lalu berkembang dan akhirnya pada 2007 Esquire memberikan lisensinya untuk Indonesia. Namun, setelah menyandang nama Esquire Indonesia, majalah ini masih tetap menggunakan model bule sebagai model covernya walaupun sebagian kecilnya ada juga orang asli Indonesia yang dijadikan modelnya. Berangkat dari ini peneliti ingin melihat maskulinitas pria yang dibangun oleh majalah Esquire Indonesia. Majalah Esquire merupakan salah satuu majalah pria yang sistem kepemilikiannya melalui waralaba atau Franchais. Sistem ini mengijinkan pembelinya menggunakan merek dagangan, produk dengan konsep yang sam dari pemilik aslinya sebagai hasil pembayarn dari biaya yng dikeluarkan oleh pembelinya. Terkait dengan representasi maskulinitas pria pada foto model dalam cover majalah Esquire Indonesia, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode analisis semiotik Roland Barthes dengan mengungkapkan tanda – tanda yang muncul dalam dua tataran yaitu tataran denotasi dan tataran konotasi hingga makna konotasi yang muncul. Peneliti memilih menggunakan analisis ini dengan alasan agar peneliti dapat mengungkapkan tanda – tanda denotasi hingga makna konotasi yang muncul dari foto model dalam cover majalah ini. Tanda – tanda yang muncul bisa melali cara berbusana atau fashion yang dikenakan oleh model atau dari unsur lain seperti ekspresi wjah atau pose yang dimunculkan. Fashion sendiri menurut Roland Barthes adalah suatu bahasa yang ditandai oleh sistem – sistem relasi – relasi dan oposisi – oposisi. Lalu setelah makna konotasi ditemukan, selanjutnya akan dikaitkan dengan mitos yang ada dan sudah disepakati dalam masyarakat. Penelitian ini juga disajikan peneliti menggunakan metode kualitatif agar peneliti bisa menggali lebih dalam makna – makna konotasi beserta mitos terkait dengan representasi yang muncul dari majalah ini. Hasil dari sajian dan analisis data menunjukan tiap visual yang dimunculkan melalui model cover berupa ekspresi wajah, jenis pakaian yang dipakai dan juga karakter wajah model tersebut. Peneliti mendapatkan kesimpulan dari foto – foto model dalam cover majalah tersebut pertama, model bule tersebut melambangkan ketampanan dan kecantikan yang seperti sudah ada didalam masyarakat Indonesia. Kedua, pria berdandan eksekutif itu memiliki kehidupan yang mapan dan karir yang bagus. Ketiga, wanita bertubuh seksi dan cantik menjadi idaman para pria maskulin. wanita yang bisa memberikan kenyamanan dan bisa memberikan kepuasan juga menjadi salah satu tipe ideal pria maskulin. Majalah Esquire Indonesia membentuk maskulinitas pria sesuai dengan target pembacanya, pria yang mapan, memiliki tingkat ekonomi menengah keatas dengan karir yang bagus dan juga memiliki gaya hidup modern serta penyuka traveling. Representasi maskulinitas sudah tergambar dan terwakilkan melalui foto – foto cover majalah Esquire Indonesia. Dari hasil penelitian tersebut dapat dijadikan bahan pertimbangan perusahaan Majalah Esquire Indonesia untuk lebih meningkatkan dan mengeksplore kreativitas sarana komunikasi yang dituangkan melalui foto model. Sehingga pada saat penerbit majalah ingin merepresentasikan hal – hal yang ingin disampaikan kepada pembaca dapat menggunakan sarana foto model dalam cover atau media visual yang berkonsep sesuai dengan yang diinginkan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 29 Sep 2016 08:26
Last Modified: 29 Sep 2016 08:26
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32649

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo