UMM Institutional Repository

POLA KOMUNIKASI SESAMA TRADER DALAM UPAYA MENDAPATKAN PROFIT (Studi Pada Trader Optionsxpress Surabaya)

Putra, Juandana Kawuladini (2016) POLA KOMUNIKASI SESAMA TRADER DALAM UPAYA MENDAPATKAN PROFIT (Studi Pada Trader Optionsxpress Surabaya). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-juandanaka-44589-1-pendahul-n.pdf

Download (572kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-juandanaka-44589-2-babi.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Keyword : Pola Komunikasi, Trader, Saham, Profit, Optionsxpress Latar belakang penelitian ini melihat dalam sebuah kegiatan trader terdapat pola komunikasi yang hanya dimiliki oleh sesama trader. penelitian ini memperlihatkan bahwa dalam pola komunikasi yang terjadi terdapat suatu tujuan bersama untuk mendapatkan profit. Hal ini kemudian menjadi alasan yang menarik untuk diteliti, di karenakan sebuah kelompok memiliki cara-cara berkomunikasi dengan sesama anggotanya untuk memberikan atau bertukar informasi berharga. Penelitian ini dilakukan pada kelompok trader optionsxpress. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, teknik pengambilan data penelitian ini menggunakan teknik observasi berperan serta, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini berjumlah tiga orang, yang tergabung dalam kelompok trader optionsxpress. Hasil penelitian menunjukan bahwa setiap anggota trader sangat aktif dalam mencari informasi. Terdapat dua jenis komunikasi dalam kelompok tersebut diantaranya komunikasi langsung dan komunikasi tidak langsung. Komunikasi lansung yang mereka lakukan antara lain tanya jawab dan diskusi atau sharing, mengikuti seminar. Komunikasi tidak langsung yang mereka lakukan antara lain berbicara (chatting) interaktif di media sosial di internet seperti facebook, skype dan kaskus. Kedua komunikasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan mencari kiat untuk mendapatkan profit dari aktivitas trading saham online. Adapun dari hasil wawancara subyek lebih cenderung melakukan komunikasi langsung karena lebih praktis dan cepat tanpa adanya ganguan koneksi jaringan layaknya komunikasi tidak langsung dengan media online, komunikasi lansung verbal dilakukan dengan penggunaan bahasa sejelas mungkin, sedangkan komunikasi non verbal dilakukan dengan gerakan tubuh atau kode jari telunjuk diangkat keatas jika call (saham naik), dan jari telunjuk di arahkan kebawah jika put (saham turun). Pola komunikasi yang terjadi dalam kelompok trader adalah pola bintang yang artinya semua anggota memiliki peran yang sama ketika menerima dan menyampaikan informasi, anggota trader melakukan komunikasi kepada siapa saja dan setiap anggota mempunyai peranan-peranan tersendiri dalam mencari dan menyampaikan informasi cara mendapatkan profit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 29 Sep 2016 08:23
Last Modified: 29 Sep 2016 08:23
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32648

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo