UMM Institutional Repository

POLA KOMUNIKASI KOMUNITAS OUTSIDER DALAM MEMPERTAHANKAN SOLIDARITAS (Studi pada Komunitas Outsider di Kota Malang)

Prastyono S., Fefrizal (2016) POLA KOMUNIKASI KOMUNITAS OUTSIDER DALAM MEMPERTAHANKAN SOLIDARITAS (Studi pada Komunitas Outsider di Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fefrizalpr-44592-1-pendahul-n.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fefrizalpr-44592-2-babi.pdf

Download (406kB) | Preview

Abstract

Keyword : Pola Komunikasi, Komunitas, Outsider, Solidaritas Komunikasi memiliki berbagai macam makna namun pada intinya komunikasi adalah penyampaian pesan yang memiliki tujuan tertentu bagi komunikan dan komunikatornya sehingga mendapatkan umpan balik yang diharapkan. Komunitas Outsiders ternyata bukan monopoli satu kaum tua, muda, laki-laki, perempuan, yang masih sekolah, mahasiswa, ataupun juga yang sudah bekerja ada di dalamnya. Ketertarikan seseorang bergabung dalam suatu komunitas merupakan pilihan hidupnya, yang kemudian menjadi bagian dari gaya hidup Sosial seseorang. Komunitas Outsiders Malang mempunyai cara tertentu untuk tetap bertahan dan kompak (solid). Kelompok sebagai dua individu atau lebih yang berinteraksi dan saling bergantung untuk mencapai tujuan tertentu. Ada dua alasan seseorang bergabung dalam kelompok. Pertama, untuk mencapai tujuan yang apabila dilakukan sendiri tujuan itu tidak tercapai. Kedua, dalam kelompok, kebutuhan seseorang dapat terpuaskan dan ia mendapatkan reward sosial seperti rasa bangga, rasa dimiliki, cinta, pertemanan, dan sebagainya. Solidaritas sosial adalah keadaan saling percaya antar anggota kelompok atau komunitas. Jika orang saling percaya mereka akan menjadi satu atau menjadi sahabat, menjadi saling menghormati, menjadi saling bertanggung jawab untuk saling membantu dalam memenuhi kebutuhan antar sesama. Penelitian ini dilakukan pada kelompok komunitas outsider kota Malang yang tempatnya berpindah-pindah. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif, analisis yang dilakukan terus menerus selama pengumpulan data di lapangan sampai pengumpulan data selesai dilakukan. Analisis data model interaktif terdiri dari reduksi data, pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Keabsahan data ini dapat dicapai melalui proses pengumpulan data yang tepat, yaitu dengan mengecek ulang hasil peneliti kepada subjek peneliti. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pola komunikasi komunitas Outsider SID Malang dalam mempertahankan solidaritas komunitas adalah dengan mengadakan banyak kegiatan. Melalui berbagai proses sebelum dan sampai terlaksananya kegiatan tersebut komunitas outsider Malang menggunakan struktur pola bintang. Pola ini terjadi saat mereka berkumpul menentukan ide baru untuk kegiatan yang akan diadakan, pada teknis pelaksanaan kegiatan mulai dari konsep awal hingga selesainya kegiatan yang dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 29 Sep 2016 08:18
Last Modified: 29 Sep 2016 08:18
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32646

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo