UMM Institutional Repository

KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL SALES PROMOTION GIRLS (SPG) ROKOK DALAM MENARIK MINAT BELI KONSUMEN (Study pada SPG Rokok Dunhill Mild dan Djarum Super MLD di Malang)

ULFAH, FITRIYA (2016) KOMUNIKASI VERBAL DAN NON VERBAL SALES PROMOTION GIRLS (SPG) ROKOK DALAM MENARIK MINAT BELI KONSUMEN (Study pada SPG Rokok Dunhill Mild dan Djarum Super MLD di Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fitriyaulf-44598-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fitriyaulf-44598-2-babi.pdf

Download (415kB) | Preview

Abstract

Keyword : Komunikasi, Verbal dan Non Verbal, Sales Promotion Girls Dalam sebuah perkembangan pemasaran, hal yang penting dilakukan oleh sebuah produk untuk meningkatkan penjualan adalah dengan menggunakan komunikasi pemasaran melalui jasa Sales Promotion girls. Startegi pemasaran dengan menggunakan Sales Promotion Girls ini juga dilakukan oleh produk Rokok Dunhill Mild dan Djarum Super MLD, Salah satu tugas dari seorang Sales promotion Girls adalah memberikan pelayanan terhadap konsumen. Seorang Sales Promotion Girl juga menguasai seluruh informasi mengenai produk yang ditawarkan. Dalam hal ini Sales promotion Girls bertugas menjelaskan informasi secara detail mengenai seluruh produk yang ditawarkan. Sehingga apabila konsumen yang tidak ingin membeli produk disaat itu kemungkinan di masa depan konsumen akan membeli produk tersebut karena telah mendapatkan informasi secara lengkap mengenai produk tersebut. Dari dasar itu kemudian peneliti membuat sebuah rumusan masalah Bagaimana proses penyampaian pesan komunikasi verbal dan non verbal Sales Promotion Girsl (SPG) Rokok Dunhill Mild dan Djarum MLD dalam menarik minat beli konsumen?. Tipe penelitian yang dipergunakan adalah tipe penelitian deskriptif analisis, yaitu penelitian yang digunakan untuk menggambarkan secara rinci mengenai objek penelitian serta menganalisa fenomena-fenomena Sales Promotion Girls Kota Malang terfokus pada produk rokok Dunhill Mild dan Djarum MLD. Dasar penelitian adalah kualitatif untuk mendapatkan data yang lebih akurat mengenai fenomena-fenomena Sales Promotion Girls rokok Dunhill Mild dan Djarum MLD di Kota Malang. Setalah melakukan pengolahan data Komunikasi verbal dan non verbal dalam sebuah proses komunikasi bisa berlangsung dengan berbagai bentuk tergantung kondisi dan keadaan tempatnya, dalam hal ini komunikasi verbal atau dengan lisan bisa digunakan lebih fleksibel atau bisa dimana saja, penyampaian pesan dari oleh SPG yang bisa berperan sebagai komunikator lebih dibutuhkan oleh konsumen atau komunikan dari segi pemahaman produk yakni Dunhill Mild dan Djarum Super MLD. Sedangkan untuk penggunaan komunikasi non verbal seperti sentuhan, penampilan serta bentuk gestur tubuh lainnya hanya berlaku jika dibutuhkan saja. Namun secara tidak langsung komunikasi non verbal tetap berlangsung namun secara porsi tidak sebanyak komunikasi verbal. Kemudian dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian kepada SPG dari dua Rokok yang berbeda brand atau merk tersebut juga terjadi beberapa persamaan dan perbedaan terkait bentuk komunikasi verbal dan non verbal yang digunakan, secara persamaan SPG dari Dunhill Mild dan Djarum Super MLD sepakat bahwa dalam proses penawaran produk lebih cenderung menggunakan komunikasi secara langsung (personal) dengan bentuk komunikasi verbal atau lisan, karna penyampaiannya lebih bisa difahami dengan cepat oleh konsumen. Sedangkan untuk perbedaannya, SPG dari Dunhill Mild lebih banyak menggunakan bentuk komunikasi non verbal, seperti bersalaman, menepuk pundak dan penampilan atau kecantikan. Namun untuk SPG Djarum Super MLD lebih membatasi bentuk-bentuk komunikasi non verbal dan lebih memilih prioritas pada penampilan dalam hal ini adalah kecantikan dan bentuk tubuh tertentu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 29 Sep 2016 08:07
Last Modified: 29 Sep 2016 08:07
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32642

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo