UMM Institutional Repository

PESAN IMMORAL DALAM FILM BOLLYWOOD (Analisis Isi Dalam Film PK Karya Rajkumar Hirani)

FARIDA, NURIL (2016) PESAN IMMORAL DALAM FILM BOLLYWOOD (Analisis Isi Dalam Film PK Karya Rajkumar Hirani). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurilfarid-44603-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurilfarid-44603-2-babi.pdf

Download (346kB) | Preview

Abstract

Keyword : Immoral, film, Isi Kualitatif. Film merupakan saluran komunikasi massa yang paling efektif dalam penyampaian pesan terhadap khalayak yang menjadi sasaran, karena sifat audio dan visualnya yang memperjelas pesan itu. Pesan film sebagai media komunikasi massa dapat berbetuk apa saja, tergantung pada misi film tersebut. Akan tetapi, umumnya film dapat mencangkup berbagai pesan, baik itu pesan pendidikan, hiburan dan informasi. Hal yang melatar belakangi penelitian ini adalah kenyataan bahwa film yang menuai kontroversi dari berbagai pihak terutama para pemuka agama tentang isi cerita yang dianggap telah menghina budaya dan agama Hindu di India, menjadi film dengan penghasilan terbesar sepanjang sejarah perfileman Bollywood, India. Selain itu pemfokusan cerita tentang pencarian Tuhan dan Agama adalah topik yang sangat sensitif jika disinggung membuat orang tidak sadar akan adanya adegan – adegan yang tidak bermoral atau immoral. Immoral merupakan tindakan atau perilaku yang bertentangan dengan moralitas yang baik, secara moral buruk dan tidak etis. Gambaran perilaku immoral tersebut juga kerap kali diekplorasi dalam film, termasuk dalam film PK. Permasalahan yang ingin diungkap dalam penelitian ini adalah ingin melihat bagaimana pesan immoral ditampilkan dalam film PK karya Rajkumar Hirani dan Pesan immoral apa saja yang terkandung dalam Film PK. Dengan menggunakan metode Analisis Isi kualitatif dan menggunakan Teori Agenda Setting Media, dapat ditelaah bagaimana pesan immoral di tampilkan dan pesan immoral apa saja yang terdapat dalam Film PK. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif adalah prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif (data yang dikumpulkan berupa kata-kata, gambar, dan bukan angka. Pengumpulan data melalui dokumentasi, pengamatan, serta studi kepustakaan, kemudian data – data dianalisis melalui analisis isi dengan kategorisasi Pesan immoral Verbal indikator : sarkasme, hiperbola dan personifikasi. Pesan immoral non-verbal dengan indikator : Pencurian, penipuan, isyarat tangan, melanggar peraturan umum, penyuapan, dan memukul, dengan satuan ukur per-scene. Dapat ditarik kesimpulan, bahwa dengan menganalisa film melalui metode analisis isi kualitatif ini, dapat mengungkap adanya pesan immoral dalam isi film PK. Dengan diperoleh tindakan immoral seperti : dari segi verbal berupa kata “brengsek”, dan “bodoh” dan dari segi non-verbal berupa tindakan Pencurian, penipuan, isyarat tangan “fuck you!”, melanggar peraturan umum dengan membuang air kecil ditempat yang dilarang serta penggunaa helm di jalan raya, penyuapan, dan memukul.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 29 Sep 2016 08:01
Last Modified: 29 Sep 2016 08:01
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32640

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo