UMM Institutional Repository

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DESA WISATA DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH (Studi pada Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah Tentang Desa Sade)

Rahmah, Umi (2016) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN DESA WISATA DI KABUPATEN LOMBOK TENGAH (Studi pada Bidang Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah Tentang Desa Sade). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-umirahmah-44606-1-pendahul-n.pdf

Download (753kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-umirahmah-44606-2-babi.pdf

Download (426kB) | Preview

Abstract

Keyword : Komunikasi Pemasaran, Desa Wisata Sade, Dinas Pariwisata, Kabupaten Lombok Tengah Penelitian ini mendeskripsikan tentang strategi komunikasi pemasaran desa wisata di kabupaten lombok tengah yaitu Desa Sade. desa Sade saat ini menjadi tujuan para wisatawan mancanegara maupun domestik. Desa sade adalah salah satu desa di lombok yang masih mempertahankan adat istiadat suku sasak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan Dinas kebudayaan dan pariwisata kabupaten lombk tengah tentang Desa Sade. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus penelitian ini adalah strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan olen dinas kebudayaan dan pariwisata tentang desa wisata sade. Metode pengumpulan data penelitian ini dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Adapun subyek penelitian ini adalah Kepala Bidang Pemasaran, Kasi Promosi, Kasi Pemasaran, dan Kasi Kerjasama. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah dalam mempromosikan desa wisata sade di kabupaten Lombok Tengah dan juga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke desa wisata Sade. Strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah dalam mempromosikan desa wisata Sade antara lain dengan melakukan periklanan baik melalui media cetak maupun elektronik. Publikasi dengan menggunakan media seperti booklet, leaflet dan DVD. Pemasaran Langsung melalui website centrallomboktourism.com. Tidak hanya itu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata KabupatenLOmbok Tengah juga melakukan promosi melalui mouth to mouth (mulut ke mulut). Kesimpulannya strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lombok Tengah sudah menunjukkan hasil meskipun belum maksimal. Dilihat dari meningkatnya kunjungan wisatawan yang berkunjung ke desa wisata sade di Kabupaten Lombok Tengah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 29 Sep 2016 07:58
Last Modified: 29 Sep 2016 07:58
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32639

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo