UMM Institutional Repository

TERPAAN PESAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN (Studi Pada Pengunjung Repoeblik Telo Pasuruan)

Fitriani, Noer (2016) TERPAAN PESAN KOMUNIKASI PEMASARAN TERHADAP KEPERCAYAAN KONSUMEN (Studi Pada Pengunjung Repoeblik Telo Pasuruan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-noerfitria-44607-1-pendahul-n.pdf

Download (916kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-noerfitria-44607-2-babi.pdf

Download (445kB) | Preview

Abstract

Keyword : terpaan pesan komunikasi pemasaran, kepercayaan konsumen Republik Telo berhasil menyulap citra telo sebagai makanan orang desa menjadi produk-produk modern berciri khas makanan internasional dalam bentuk bakpao, pizza, brownies, nugget, ice cream, sandwich, bahkan mie. Republik Telo menawarkan lebih dari 50 varian produk berbahan dasar telo atau ubi jalar, hingga saat ini sudah sangat dikenal oleh masyarakat luas. Republik Telo terangkat karena selain mengangkat derajat makanan lokal menjadi internasional, juga melibatkan sekitar 400 petani dan UKM dalam pengembangan bisnisnya. Kepercayaan konsumen Repoeblik Telo tidak muncul begitu saja, melainkan terbentuk dari berbagai faktor. Salah satunya adalah sarana-sarana komunikasi dalam komunikasi pemasaran. Teori utama yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori efek kuat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan di Repoeblik Telo Pasuruan dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana. Dari hasil penelitian, peneliti menemukan bahwa terpaan pesan komunikasi pemasaran memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen. Hal ini dibuktikan dari variabel terpaan pesan komunikasi pemasaran memiliki t hitung sebesar 5,908 dengan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Nilai koefisien regresi (b) sebesar 0,680 menunjukkan bahwa terpaan pesan komunikasi pemasaran berpengaruh positif terhadap kepercayaan konsumen sehingga semakin tinggi komunikasi pemasaran yang dilakukan maka semakin tinggi pula kepercayaan konsumen Repoeblik Telo. Apabila pesan komunikasi pemasaran mengalami peningkatan sebesar 1 satuan maka kepercayaan konsumen juga mengalami peningkatan sebesar 0,680. Jadi dapat disimpulkan bahwa terpaan pesan komunikasi pemasaran berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen Repoeblik Telo Pasuruan. Oleh karena itu, penggunaan strategi komunikasi pemasaran dipandang sebagai cara yang efektif dalam membangun kepercayaan di mata masyarakat. Disarankan kepada peneliti selanjutnya untuk mengembangkan pada variabel lainnya yang dapat mempengaruhi citra perusahaan seperti kualitas manajemen, perhatian terhadap lingkungan, kesan karyawan, inovasi, market oriented, kontribusi dalam perekonomian nasional, dan sebagainya. Disarankan pula agar perusahaan Repoeblik Telo baru bisa menerapkan 6 (enam) dari ke sebelas strategi tersebut, namun disarankan untuk memaksimalkan agar komunikasi yang terjalin dengan berbagai pihak dapat menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 29 Sep 2016 07:55
Last Modified: 29 Sep 2016 07:55
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32638

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo