UMM Institutional Repository

JARINGAN KOMUNIKASI MASYARAKAT SUMBAWA DALAM MEMPERTAHANKAN KESENIAN MUSIK SAKECO (Studi pada Masyarakat Desa Motong Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa)

Hidayat, Ofi (2016) JARINGAN KOMUNIKASI MASYARAKAT SUMBAWA DALAM MEMPERTAHANKAN KESENIAN MUSIK SAKECO (Studi pada Masyarakat Desa Motong Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ofihidayat-44608-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ofihidayat-44608-2-babi.pdf

Download (437kB) | Preview

Abstract

Keyword : Jaringan Komunikasi, Tradisi Lokal, Kesenian Sakeco Tidak bisa di pungkiri bahwa tradisi lokal di berbagai daerah perlahan-lahan sudah mulai terkikis oleh zaman, dapat dilihat pada masyarakat Kabupaten Sumbawa. Masuknya modernisasi ke berbagai daerah di Kabupaten Sumbawa sudah mulai mempengaruhi gaya hidup mereka, sehingga tradisi-tradisi yang sudah ada sejak zaman nenek moyang mereka sulit untuk dipertahankan. Dari latar belakang inilah, peneliti tertarik menganalisis bagaimana jaringan komunikasi yang terbentuk pada masyarakat Sumbawa dalam usaha mempertahankan tradisi lokal mereka khususnya pada Kesenian Musik Sakeco. Pendekatan yang digunakan peneliti yaitu pendekatan kualitatif. Tipe penelitian yang dipilih yaitu diskriptif kualitatif dengan dasar penelitian analisis jaringan komunikasi. Ruang lingkup penelitian ini adalah masyarakat Desa Motong Kecamatan Utan. Sampel yang menjadi subjek penelitian ini meliputi 10 orang yang telah di tentukan, kemudian dianalisis menggunakan Analisis Jaringan Komunikasi untuk melihat seperti apa jaringan komunikasi yang terbentuk diantara subjek penelitian dalam mempertahan tradisi lokal. Hasil analisis data menunjukkan bahwa dalam jaringan komunikasi yang terbentuk, memperlihatkan dimana setiap subjek memiliki peran tersendiri dalam jaringan tersebut. Ada yang berperan sebagai Hubs (pusat informasi central), Komponen (bagian dari jaringan), Bridges (penghubung atau jembatan dengan kelompok lain), dan ada yang menjadi Klik (relasi yang terjalin tanpa terputus satu sama lain). Faktor kedekatan juga dalam hal ini turut berpengaruh dalam terjalinnya komunikasi diantara mereka, baik itu kedekatan secara kekeluargaan ataupun pertemanan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa adanya faktor-faktor tertentu seperti kedekatan meliputi kekeluargaan, Umur (sebaya) dan pertemanan yang menyebabkan masyarakat Desa Motong Kecamatan Utan melakukan interaksi dengan satu sama lainnya dalam menciptakan jaringan komunikasi diantara mereka, khususnya dalam hal mempertahankan kesenian musik Sakeco. ix Berawal dari faktor tersebutlah mereka mendapatkan peran-peran tersendiri dalam jaringan, sehingga dengan cara tersebut tradisi lokal mereka masih bisa dipertahankan saat ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 29 Sep 2016 07:48
Last Modified: 29 Sep 2016 07:48
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32637

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo