UMM Institutional Repository

MAKNA LOGO BARU XL AXIATA (ANALISIS SEMIOTIK PADA PERUBAHAN LOGO BARU KARTU SELULER XL)

RACHMANA, AGUSTA EKO (2016) MAKNA LOGO BARU XL AXIATA (ANALISIS SEMIOTIK PADA PERUBAHAN LOGO BARU KARTU SELULER XL). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-agustaekor-44610-1-pendahul-n.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-agustaekor-44610-2-bab_i.pdf

Download (160kB) | Preview

Abstract

Keyword : Logo, Citra, Perusahaan. Penelitian ini didasari oleh banyaknya perusahaan yang membuat logo pada perusahaannya yang dimaksudkan untuk mencitrakan perusahaannya. Penelitian ini menjelaskan bagaimana sebuah perusahaan saat ini lebih banyak dicitrakan melalui logonya, baik itu pada perusahaan itu sendiri maupun melalui produk yang dihasilkan. Namun bagaimana ketika perusahaan yang sudah memiliki logo paten pada produknya kemudian mengubah bentuk logonya dengan alasan untuk memperbaharui citra perusahaan. Di dalam penelitian ini peneliti meneliti tentang perubahan logo pada perusahaan kartu selular XL yang telah mengalami perubahan logo pada tahun 2014. Rumusan masalah di dalam penelitian ini adalah, apakah makna yang terkandung di dalam logo baru XL. Penelitian ini menggunakan Analisis Semiotika Roland Barthes untuk membongkar dan menganalisa tanda-tanda tentang makna yang terkandung di dalam logo baru XL. Dasar penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan interpretatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan apa makna sebenarnya yang terkandung di dalam logo baru XL. Sedangkan proses penelitian, peneliti menggunakan tabel kerja analisis yang berisi tentang gambaran logo, indikator bentuk, warna, motif, posisi serta menggunakan tabel penanda dan petanda dari Semiotika Roland Barthes yang selanjutnya akan dianalisa menggunakan metode Semiotika Roland Barthes berdasarkan kajian Denotasi, Konotasi, dan Mitos. Dari hasil penelitian dapat dijelaskan bahwa makna yang terkandung di dalam logo baru XL yang berbentuk huruf “X” dan “L” yang menjadi elemen dasar bentuk Logo. Huruf “X” dan “L” yang menyatu di posisi tengah. Motif bentuk logo atau typefacenya sendiri adalah font, dan yang sudah dimodifikasi ulang oleh si pembuat logo dan menjadi bentuk Logo Font Kontemporer yang memiliki sifat lebih simple dan elegan. Dari segi warna lebih dominan dengan warna background biru, warna kuning pada dasar huruf “X” dan warna hijau pada dasar huruf “L”. Yang memiliki persamaan arti bahwa pemimpin yang mempunyai sifat persahabatan dan penuh wawasan tinggi. Serta ada sedikit biasan cahaya di antara huruf “X” dan “L” yang seolah-olah XL ingin lebih berkilau dibanding dengan provider selular lainnya. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa makna dalam sebuah logo di dalam suatu perusahaan haruslah mengandung dan mencakup nilai-nilai di dalam perusahaannya, mencerminkan citra perusahaannya, sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Rekomendasi yang disarankan untuk penelitian selanjutnya adalah agar melakukan penelitian yang lebih viii mendalam mengenai suatu makna di dalam sebuah logo perusahaan dengan menggunakan jenis penelitian yang lebih beragam, sehingga dengan adanya penelitian yang beragam akan menambah literatur dalam kajian Ilmu Komunikasi khususnya dalam penelitian tentang semiotika.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 29 Sep 2016 07:43
Last Modified: 29 Sep 2016 07:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32635

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo