UMM Institutional Repository

HUBUNGAN ANTARA FREKUENSI PENGGUNAAN APLIKASI PATH DAN FACEBOOK DENGAN PERUBAHAN PERILAKU MAHASISWA (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2012 Universitas Muhammadiyah Malang)

Lestari, Aqmarani Fitri Wahyu (2016) HUBUNGAN ANTARA FREKUENSI PENGGUNAAN APLIKASI PATH DAN FACEBOOK DENGAN PERUBAHAN PERILAKU MAHASISWA (Studi Pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Angkatan 2012 Universitas Muhammadiyah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aqmaranifi-44612-1-pendahul-n.pdf

Download (423kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aqmaranifi-44612-2-bab1.pdf

Download (241kB) | Preview

Abstract

Keyword : aplikasi Path, facebook, perubahan perilaku, mahasiswa Mahasiswa pada era sekarang nampak semua membawa gadget, saat ke kampus atau kemanapun Gadget tidak lepas dari genggamannya. Setiap saat mereka menggunakan aplikasi Path dan Facebook, sangat berbeda perilakunya dibanding saat mereka masih duduk di sekolah menengah, jadi nampak adanya perubahan perilaku setelah mereka sering meggunakan aplikasi media sosial tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara frekuensi penggunaan aplikasi Path dan Facebook dengan perubahan perilaku mahasiswa. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara frekuensi penggunaan aplikasi Path dan Facebook dengan perubahan perilaku mahasiswa, yang mana pada saat ini media sosial tersebut banyak disukai dan sangat familiar dikalangan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan Theory uses and gratification dan metode penelitian kuantitatif korelasional dengan pendekatan survei serta teknik analisis data Korelasi Product Moment. Terdapat dua variabel yaitu variabel frekuensi penggunaan aplikasi Path dan Facebook (variabel X) dan variabel perubahan perilaku mahasiswa (variabel Y). Sampel dalam penelitian ini yaitu mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi UMM Angkatan 2012, dengan jumlah sampel 48 responden yang ditentukan melalui simple random sampling dengan kelipatan bilangan genap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan antara frekuensi penggunaan aplikasi Path dan Facebook (variabel X) dengan perubahan perilaku mahasiswa (variabel Y) pada mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2012, adanya hubungan tersebut diperoleh dari perhitungan manual menggunakan Rumusan Korelasi Product Moment dengan hasil statistik Koefisien Korelasi nilai r.hitung 0,646 dan r.tabel 0,284 ( r.hitung 0,646 > r.tabel 0,284). Artinya, antara frekuensi penggunaan aplikasi Path dan Facebook ada hubungan dengan perubahan perilaku mahasiswa. Karena sesuai ketentuan, jika r.hitung > r.tabel, maka hasilnya adalah signifikan yang berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Analisis tersebut dipertegas lagi dengan hasil penyebaran kuesioner pada pernyataan variabel frekuensi penggunaan aplikasi Path dan Facebook (variabel X) yang memperoleh nilai rata-rata sebesar 2,87 (Tabel 5.4) sedangkan untuk pernyataan variabel Perubahan Perilaku Mahasiswa (variable Y) diperoleh nilai sebesar 2,70 (Tabel 5.5). Jika dibandingkan dengan skor jawaban rata-rata yang besarnya 2,51 maka rata-rata nilai skor kedua variabel tersebut mempunyai hubungan yang tinggi (tabel 5.3), hal itu berarti bahwa frekuensi penggunaan aplikasi media sosial itu menyebabkan mahasiswa cenderung mengalami perubahan perilaku yang tergolong tinggi. Kesimpulan dalam penelitian ini bahwa ternyata ada hubungan antara frekuensi penggunaan aplikasi Path dan Facebook dengan perubahan perilaku mahasiswa yang tergolong kuat/tinggi itu ditunjukkan bahwa perubahannya jelas berdampak positif maupun negatif, ketika teknologi berkembang cara orang berkomunikasi pun berubah, dan pasti ada efek positif dan negatif. Positifnya, arus informasi jadi lebih mudah, cepat dan terkini serta mahasiswa dapat bertukar pikiran dalam menyelesaikan tugas-tugas perkuliahan dengan teman walaupun tidak bertatap muka secara langsung, para pengguna juga dapat menemukan teman baru serta membuat pertemanan dengan teman yang sudah lama tidak bertemu akan terjalin kembali untuk bernostalgia dan menjalin relasi bisnis. Negatifnya, tanpa disadari pengguna sering mengabaikan orang lain/lingkungan sekitar karena sibuk dengan aktifitas mengupdate, membaca, mengomentari atau sekedar melihat status melalui gadget yang mereka miliki dan di lingkungan keluarga mahasiswa menjadi bersikap menyendiri karena asyik dengan gadgetnya serta sering menunda-nunda tugasnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 29 Sep 2016 07:39
Last Modified: 29 Sep 2016 07:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32634

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo