UMM Institutional Repository

PENERIMAAN MASYARAKAT TENTANG PESAN KOMUNIKASI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) DALAM FANPAGE FACEBOOK (Studi Resepsi Pada Masyarakat Kel. Alalak Utara Banjarmasin)

Wulandari, Ayu (2016) PENERIMAAN MASYARAKAT TENTANG PESAN KOMUNIKASI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) DALAM FANPAGE FACEBOOK (Studi Resepsi Pada Masyarakat Kel. Alalak Utara Banjarmasin). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ayuwulanda-44613-1-pendahul-n.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ayuwulanda-44613-2-babi.pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

Keyword : Penerimaan masyarakat, pesan komunikasi, fanpage facebook Penelitian ini didasari atas fenomena krisis air bersih yang terjadi di Banjarmasin saat musim kemarau tepatnya pada pertengahan Tahun 2015-awal Tahun 2016. Penelitian ini merujuk pada tanggapann masyarakat terkait pesan komunikasi yang disampaikan oleh Humas PDAM melalui akun fanpage.Adapun beberapa teori yang digunakan peneliti yaitu teori pesan komunikasi Hardiyansyah yang menjelaskan peranan pesankomunikasi dan penyampaian pesan melalui media.PDAM Bandarmasih Kota Banjarmasin menggunakan media sosial fanpage facebook dalam menyampaikan informasi. Terkait definisi fanpage facebook peneliti menggunakan definisi dari Shita tentang fanpage sebagai profil suatu lembaga. Peneliti juga menggunakan teori Stuart Hall yang menjelaskan tentang studi resepsi terbagi dalam 3 posisi yakni hegemoni, negosiasi, dan oposisi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerimaan masyarakat tentang pesan komunikasi Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) dalam akun fanpage facebook. Subyek dalam penelitian ini adalah warga Kel. Alalak Utara Banjarmasinyang pernah memberikan komentar dalam akun fanpage yang diambil dengan teknik purpossive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara personal, wawancara kelompok/ Focus Group Discussiondan dokumentasi.Wawancara personal dilakukan terlebih dahulu pada masing-masing subyek penelitian, setelah itu baru dilakukannya wawancara kelompok. Data yang diperoleh menggunakan analisis resepsi. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder. Dengan teknis analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, serta mengambil kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian pada subyek penelitian menunjukkan perbedaan tanggapan di setiap masing-masing pesan yang disampaikan oleh Humas PDAM Bandarmasih. Tanggapan yang disampaikan oleh subyek penelitian memunculkan adanya posisi hegemoni, posisi negosiasi, dan posisi oposisi. Posisi dari subyek penelitian pada umumnya berubah-rubah hingga saat wawancara kelompok dilaksanakan. Dalam penelitian dan hasil wawancara peneliti menemukan posisi yang berubah dari wawancara personal hingga saat wawancara kelompok dikarenakan adanya influence people. Terdapat salah satu subyek penelitian yang dapat mempengaruhi perubahan tanggapan yang telah disampaikan sebelumnya. Berdasarkan data hasil penelitian dan analisis data penelitian, menunjukkan: (1) Posisi hegemoni menerima postingan yang disampaikan terkait keadan alam yang mengakibatkan gangguan pendistribusian air kepada masyarakat, dan penerima pesan tersebut memahami keadaan memang benar adanya, (2) Posisi negosiasi cenderung meragukan semua postingan yang disampaikan oleh Humas PDAM Bandarmasih, mereka merasa kurang maksimalnya upaya penanganan yang dilakukan oleh pihak PDAM, (3) Posisi oposisi menolak penyampaian pesan dari Humas PDAM terkait gangguan PLN dan penggunaan mesin pompa. (4) Terdapat salah satu subyek penelitian yang mampu mempengaruhi tanggapan subyek lainnya dengan pesan yang ia sampaikan berdasarkan pengalaman masa lalunya pernah terkait kerjasama dengan PDAM, (5) Masyarakat cenderung skeptis dan kecewa terhadap kinerja PDAM dalam mengatasi krisis air bersih

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 29 Sep 2016 07:36
Last Modified: 29 Sep 2016 07:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32633

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo