UMM Institutional Repository

Konstruksi Pemberitaan Pasca Reshuffle Kabinet Kerja Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) (Analisis Framing pada Beritasatu.com dan VIVA.co.id edisi 12-18 Agustus 2015)

Februariyanto, Ferli (2016) Konstruksi Pemberitaan Pasca Reshuffle Kabinet Kerja Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK) (Analisis Framing pada Beritasatu.com dan VIVA.co.id edisi 12-18 Agustus 2015). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ferlifebru-44615-1-pendahul-n.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ferlifebru-44615-2-bab1.pdf

Download (361kB) | Preview

Abstract

Keyword : cabinet reshuffle, framing analysis, online media Pada 12 Agustus 2015, Presiden dan Wakil Presiden, Joko Widodo (Jokowi) dan Jusuf Kalla (JK) memutuskan untuk melakukan perombakan kabinetnya. Berbagai media massa, terutama media massa online Beritasatu.com dan VIVA.co.id tentu ingin menyajikan pemberitaan pasca pelantikan yang dilakukan oleh Jokowi-JK terhadap kabinet barunya. Dalam hal ini, media massa online mempunyai sudut pandang masing-masing dalam mengkonstruksi sebuah pemberitaan tentangpasca perombakan kabinet kerja Jokowi-JK. Berdasarkan latar belakang yang ada, maka tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana media massa online Beritasatu.com dan VIVA.co.id dalam mengkonstruksi pemberitaan pasca dilakukannya perombakan kabinet kerja Jokowi-JK. Landasan teoritik yang digunakan dalam penelitian ini adalah media massa dan konstuksi sosial atas realitas yang terdapat bias pesan ditengah realitas sosial. Selain itu, pengaruh isi pesan juga mempengaruhi sebuah pemberitaan, sehingga digunakan teori hirarki level. Tidak hanya itu, pemaknaan setiap berita tidak dapat lepas dari pengaruh kekuasaan dalam media, sehingga digunakan sebuah konsep framing dan ideologi. Peneliti menggunakan analisis framing dengan pendekatan kualitatif interpretatif dengan memilih model Zhongdang Pan dan Gerald M.Kosicki karena mempunyai struktur besar yaitu sintaktis, skrip, tematik dan retoris. Dari hasil penelitian terlihat bahwa Beritasatu.com lebih menonjolkan dari segi sintaktis dan tematik. Dengan penggunaan judul, lead, latar informasi ,narasumber dan tema yang positif sesuai dengan jurnalisme yang dianut. Sedangkan VIVA.co.id lebih menonjolkan dari segi sintaktis dan retoris. Dari penggunaan judul, lead, latar informasi,pemilihan narasumber, kata dan gambar terlihat bahwa VIVA.co.id ingin memberikan kesan kritikan dengan pemilihan kata yang tepat dan kehati-hatian. Penonjolan juga dihubungkan dengan teori hirarki level yang menghasilkan penonjolan pada ideologi media dan rutinitas media. Kesimpulan dari hasil penelitain ini bahwa Beritasatu.com berusaha untuk berpikir positif terhadap pemberitaan Jokowi-JK. Sedangkan VIVA.co.id yang menjadi media opisisi saat ini tidak terlalu blak-blakan dalam melakukan pemberitaan perombakan kabinet kerja Jokowi-JK, lebih banyak kehati hatian dan ketepatan penggunaan kalimat meskipun dengan mengkritik perombakan kabinet kerja Jokowi-JK. Pada masing-masing media dihubungkan dengan teori hirarki level bahwa Beritasatu.com dan VIVA.co.id dipengaruhi oleh pemilik media, ideologi, kebijakan redaksi dan narasumber.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 29 Sep 2016 07:30
Last Modified: 29 Sep 2016 07:30
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32631

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo