UMM Institutional Repository

POLA KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA BANJAR DAN DAYAK DI KECAMATAN LOKSADO

NAJMAH, (2016) POLA KOMUNIKASI ANTAR BUDAYA BANJAR DAN DAYAK DI KECAMATAN LOKSADO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-najmah-44626-1-pendahul-n.pdf

Download (320kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-najmah-44626-2-babi.pdf

Download (52kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan atas ketertarikan ingin mengetahui pola komunikasi antar budaya yang terjalin antara Suku Banjar dan Suku Dayak di Kecamatan Loksado. Karena dari kisah dan hikayat yang ada menunjukan bahwa adanya kekerabatan yang sudah terjalin sejak dahulu antara keduanya. Maka peneliti ingin dan tertarik untuk mengetahui bagaimana sekarang bentuk atau pola komunikasi yang digunakan suku Banjar dan Dayak di KecamatanLoksado. Pola komunikasi merupakan bentuk atau pola hubungan dua orang atau lebih dalam proses pengiriman dan penerimaan pesan dengan cara yang tepat sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami. Adapun subjek penelitian ini ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Metode penelitian yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah Deskriptif kualitatif dengan cara pengumpulan data, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Sesuai dengan studi penelitian yang menjadi subjek adalah tokoh masyarakat atau masyarakat suku Banjar dan suku Dayak, Aktif melakukan komunikasi timbal balik antara suku Banjar dengan suku Dayak, Berdomisili di Kecamatan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan dengan jumlah 6 orang masing-masing dari setiap suku. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis domain, untuk teknik keabsahan data hasil penelitian peneliti menggunakan teknik trianggulasi. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan, yaitu Pola komunikasi antar budaya masyarakat suku Banjar dengan masyarakat suku Dayak di Kalimantan Selatan di daerah Loksado, yaitu suatu kecamatan di kabupaten hulu sungai selatan berbentuk pola bintang yang menunjukkan bahwa, pola komunikasi semua saluran/all channel dimana setiap anggota suku dapat berkomunikasi dan melakukan timbal balik secara langsung tanpa adanya perantara dengan semua anggota dari suku lain. Itu artinya ketika suku Banjar dan suku Dayak ingin berkomunikasi antara satu dengan lainnya maka mereka dapat berkomunikasi secara langsung sesuai dengan keperluan dan tujuan mereka melakukan komunikasi, bahwa suku Banjar dan suku Dayak dapat melakukan komunikasi secara langsung tanpa menggunakan perantara atau melalui ketua adat untuk saling berkomunikasi satu sama lain dengan orang yang berbeda suku dengan mereka.tanpa adanya perantara.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 29 Sep 2016 07:17
Last Modified: 29 Sep 2016 07:17
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32627

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo