UMM Institutional Repository

KONSTRUKSI MEDIA TENTANG BENCANA KABUT ASAP (Analisis Framing Pemberitaan Bencana Kabut Asap di Televisi Nasional Metro TV dan Televisi Lokal Duta TV)

SEPTIAN, M. ROZI (2016) KONSTRUKSI MEDIA TENTANG BENCANA KABUT ASAP (Analisis Framing Pemberitaan Bencana Kabut Asap di Televisi Nasional Metro TV dan Televisi Lokal Duta TV). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mrozisepti-44629-1-pendahul-n.pdf

Download (500kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mrozisepti-44629-2-babi.pdf

Download (377kB) | Preview

Abstract

Kabut asap pada tahun 2015 merupakan bencana asap terparah sepanjang sejarah peradaban. Tercatat hingga periode bulan September, lima provinsi dari Sumetera dan Kalimantan terdapat 24.086 titik api. Peristiwa tersebut memiliki dampak sosial dan politik yang luas. Saat terjadi sebuah bencana, media massa mempunyai peran penting untuk melaporkan peristiwa dan berkontribusi dalam menghadapi bencana. Informasi tentang bencana sebagaimana tercermin dalam pemberitaan merupakan realitas hasil konstruksi pekerja media. Framing dapat dipahamai sebagai proses jurnalis menyeleksi sejumlah informasi untuk ditonjolkan atau dihilangkan, yang disampaikan kepada khalayak media dalam bentuk realitas. Untuk melihat pembingkaian berita pada media, peneliti menggunakan metode analisis framing model Robert N. Entman. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe interpretatif. Objek penelitian adalah 6 berita yang diambil dari Metro TV sebagai televisi swasta nasional dan Duta TV sebagai televisi lokal di daerah bencana dengan rentang waktu 5 September hingga 25 Oktober 2015 atau pada saat fase darurat bencana kabut asap. Hasil dari penelitian ini menunjukan perbedaan frame yang dibentuk kedua media televisi tersebut. Metro TV mempresentasikan apa yang dirasakan dan diingankan oleh publik terhadap pemerintah dengan memberikan kritik menggunakan gaya bahasa yang lugas. Berbeda dengan Metro TV, Duta TV menampilkan keberpihakan dalam pemberitaannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 29 Sep 2016 07:12
Last Modified: 29 Sep 2016 07:12
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32625

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo