UMM Institutional Repository

SIKAP PUBLIK INTERNAL DALAM PENGUATAN REPUTASI SEKOLAH (Studi pada Sekolah Menengah Kejuruhan PGRI 3 Malang)

APRILLIANI, LAILY PUTRI (2016) SIKAP PUBLIK INTERNAL DALAM PENGUATAN REPUTASI SEKOLAH (Studi pada Sekolah Menengah Kejuruhan PGRI 3 Malang). UNSPECIFIED thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lailyputri-44632-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lailyputri-44632-2-babi.pdf

Download (284kB) | Preview

Abstract

Semakin berkembangnya dunia pendidikan, pilihan sekolah saat ini sangat banyak, misalnya di kota Malang dengan jumlah sekolah menengah atas 22 Sekolah dan sekolah menengah kejuruan sebanyak 72 sekolah (sumber : Dinas Pendidikan Kota Malang). Sekolah-sekolah tersebut saling berkompetisi untuk menarik perhatian masyarakat. Demikian pula SMK PGRI 3 Malang yang ingin menguatkan reputasinya dalam kedisiplinanya. Penguatan reputasi tidak akan pernah lepas dari sikap publik internalnya. Reputasi yang baik ini dapat diperoleh dari sikap positif publik internal. Begitupun sebaliknya, apabila sikap negative dari publik internal akan melahirkan reputasi yang buruk bagi sekolah. Maka adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana sikap publik internal dalam penguatan reputasi Sekolah Menengah Kejuruan PGRI 3 Malang? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap publik internal dalam penguatan reputasi sekolah. Subyek dalam penelitian ini adalah Kepala Bidang dan siswa-siswi kelas XII SMK PGRI 3 Malang. Dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini dilaksanakan pada satuan pendidikan yakni SMK PGRI 3 Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil analisisdata menyatakan bahwa Sikap publik internal dalam penguatan reputasi sekolah terdapat dua macam sikap, baik secara positif maupun secara negatif. Sikap positif disini subyek menyetujui dan menerima dengan peraturan – peraturan yang ada disekolah. Sedangkan sikap negatif disini subyek tidak menyetujui dan tidak menerima bahkan mereka tidak menjalankan norma-norma atau aturan aturan yang ada. Tetapi dalam penelitian dan hasil wawancara peneliti menemukan sikap yang berbeda, yaitu sikap ragu – ragu dalam penguatan reputasi sekolah itu sendiri. Berdasarkan data hasil penelitian dan analisis data penelitian, diperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) Publik internal yaitu siswa masih belum sepenuhnya menerima atau menyetujui dengan adanya reputasi sekolah yang sangat mengutamakan kedisiplinan. Sikap ini masih dikatakan dengan sikap negatif. (2) Publik internal yaitu siswa masih ragu – ragu dalam menerima atau setuju dengan adanya peraturan. (3) Guru juga masih ada yang merasa keberatan dengan adanya aturan memakai seragam yang telah ditentukan oleh sekolah. xi Sikap yang seperti ini merupakan sikap negatif publik internal. (4) Guru sangat menyetujui serta tidak keberatan dan menjalankan aturan dalam kedisiplinan ketepatan kerja. Sikap guru yang menyetujui dan tidak keberatan ini merupakan sikap positif dalam penguatan reputasi sekolah yang ada.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 29 Sep 2016 07:05
Last Modified: 29 Sep 2016 07:05
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32623

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo