UMM Institutional Repository

STRATEGI PROMOSI TAMAN NASIONAL KELIMUTU DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG (Studi Pada Dinas Pariwisata Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur)

Pramadin, Abdul Aziz (2016) STRATEGI PROMOSI TAMAN NASIONAL KELIMUTU DALAM MENINGKATKAN JUMLAH PENGUNJUNG (Studi Pada Dinas Pariwisata Kabupaten Ende, Flores, Nusa Tenggara Timur). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-abdulazizp-43180-1-pendahul-n.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-abdulazizp-43180-2-babi.pdf

Download (197kB) | Preview

Abstract

Promosi digunakan sebagai alat untuk memperkenalkan produk-produk agar produk tersebut dapat dikenal oleh para konsumennya. Dinas Pariwisata Kabupaten Ende mempromosikan Taman Nasional Kelimutu sebagai produk unggulannya agar lebih dikenal oleh khalayak di seluruh dunia, menjadikan Taman Nasional Kelimutu sebagai destinasi pariwisata yang popular dan jumlah pengunjung yang datang terus meningkat. Dari sini peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “strategi promosi taman nasional kelimutu dalam meningkatkan jumlah pengunjung”, studi pada Dinas Pariwisata Kabupaaten Ende, bagaimana strategi promosi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Ende. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi yang digunakan Dinas Pariwisata Kabupaten Ende dalam mempromosikan Taman Nasional Kelimutu. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Exelent In Public Relation tentang model two way asymmetric. Dimana model ini mengarahkan pada strategi komunikasi organisasi untuk mempengaruhi public beradaptasi dengan organisasinya. Karena bersifat asymmetric organisasi tidak mengubah dirinya melainkan berupaya untuk mengubah sikap dan perilaku publiknya, Dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan teknik dan alat analisis data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Dengan menggunakan metode ini peneliti akan mendeskripsikan hasil penelitian berupa strategi promosi yang digunakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Ende. Hasil dari penelitian yang didapatkan adalah Dinas Pariwisata Kabupaten Ende dalam mempromosikan Taman Nasional Kelimutu menggunakan strategi push dan pull stategi. Strategi yang digunakan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Ende dalam mempromosikan Taman Nasional Kelimutu dengan menggunakan tahapan-tahapan antara lain penentuan tujuan, sasaran, penggunaan media promosi, anggaran promosi, pelaksanaan aktivitas promosi dan evaluasi hasil promosi. Promosi yang dilakukan menggunakan periklanan, promosi penjualan, penjualan tatap muka dan public relation. Dalam periklanan menggunakan media cetak (Koran), media elektronik (radio) dan media lainnya seperti billboard, brosur, merchandise dan spanduk. Promosi penjualan menggunakan pameran wisata. Kegiatan public relation berupa event-event tahunan yang diadakan setiap tahun, dokumentasi dan pembuatan profile Dinas Pariwisata Kabupaten Ende. Dilihat dari data yang didapatkan selama penelitian, jumlah pengunjung Taman Nasional Kelimutu dari tahun 2010 sebanyak 19.640 menjadi 147.777 pada tahun 2014. Dari kesimpulan yang didapat dari penelitian ini adalah strategi yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Ende berhasil menarik jumlah pengunjung yang datang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 29 Sep 2016 04:28
Last Modified: 29 Sep 2016 04:28
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32620

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo