UMM Institutional Repository

MOTIF - MOTIF YANG MENDORONG AUDIENCE UNTUK MENONTON ACARA INI TALK SHOW DI NET TV (Studi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2011)

SUJARWADI, DWI (2016) MOTIF - MOTIF YANG MENDORONG AUDIENCE UNTUK MENONTON ACARA INI TALK SHOW DI NET TV (Studi pada Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2011). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwisujarwa-43188-1-pendahul-n.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwisujarwa-43188-2-babi.pdf

Download (169kB) | Preview

Abstract

Program-program yang ditayangkan oleh televisi sangat beragam, semakin banyak program acara televisi yang disuguhkan kepada pemirsa maka akan semakin meningkat pula pilihan pemirsa dalam hal penggunaan media televisi. Beragam alternatif tayangan televisi yang disajikan televisi dapat dipilih oleh masyarakat sesuai keinginannya dengan tujuan memenuhi kebutuhan akan informasi, pendidikan, maupun hiburan. Persaingan antar televisi dalam menyajikan program acara menguntungkan pemirsa, dimana pemirsa mempunyai kebebasan memilih program televisi yang dapat memenuhi kebutuhannya. Objek penelitian ini adalah program 'Ini Talk Show' yang ditayangkan oleh NET TV. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2015 sampai selesai. Populasi dalam peneliian ini adalah seluruh Mahasiswa Ilmu komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2011 yang telah menempuh mata kuliah praktikum Audio Visual, dan memenuhi kriteria populasi yang ditentukan. Kriteria tersebut yaitu Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang angkatan 2011 yang pernah menonton acara 'Ini Talk Show'. Pelaksanaan pengambilan sampel dengan menggunakan teknik accidental sampling, dan peneliti menemukan 32 orang yang sesuai dengan kriteria populasi. Sedangkan teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis rata-rata (mean). Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan pada bab sebelumnya, peneliti dapat menarik kesimpulan dalam penelitian ini bahwa terdapat 4 motif audience untuk menonton acara Ini 'Talk Show' di NET TV, yaitu motif Surveillance, Personal Identity, Personal Relationship dan Diversion. Dari keempat jenis motif tersebut, motif personal identity lebih dominan berdasarkan hasil perhitungan analisis rata-rata (mean) yaitu sebesar 3,45 dan yang paling sedikit adalah motif diversi yaitu sebesar 3,29. Untuk motif Personal Relationship sebesar 3,4167 atau dibulatkan menjadi 3,42. Dan untuk motif Surveillance sebesar 3,4323 atau dibulatkan menjadi 3,43. Hal ini dapat diasumsikan bahwa motif Personal identity sebagai reverensi diri, eksplorasi realitas, penguatan nilai, motif yang ditujukan untuk memperkuat atau menonjolkan sesuatu yang penting dalam kehidupan atau situasi khalayak yang bersangkutan. Dengan motif personal identity yang paling dominan dapat digambarkan bahwa responden menonton 'Ini Talk Show' untuk mencari bahan obrolan ketika berkumpul dengan teman, seingga mempermudah berinteraksi dengan orang lain khususnya teman dan mempererat hubungan dengan teman. Karena dalam berinteraksi akan bisa mencairkan suasana ketika mereka bisa mengadopsi atau menirukan lawakan atau cerita yang telah mereka dapatkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 29 Sep 2016 03:52
Last Modified: 07 Feb 2018 07:51
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32613

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo