UMM Institutional Repository

CITRA WANITA DALAM IKLAN PRODUK PRIA (Analisis Wacana pada Iklan AXE Versi "University-Indonesia Pendaftaran Dibuka", Gillette Versi "Mach 3 Turbo Sensitive-Indonesia New Version", L-Men Gain Mass Versi "Kenny Auztin" Di Televisi)

Widiyanto, Nungki Sigit (2016) CITRA WANITA DALAM IKLAN PRODUK PRIA (Analisis Wacana pada Iklan AXE Versi "University-Indonesia Pendaftaran Dibuka", Gillette Versi "Mach 3 Turbo Sensitive-Indonesia New Version", L-Men Gain Mass Versi "Kenny Auztin" Di Televisi). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nungkisigi-43439-1-pendahul-n.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nungkisigi-43439-2-babi.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengungkap bagaimana wanita dipresentasikan pada iklan di televisi , khususnya iklan pada produk pria. Pada penelitian ini peneliti memilih iklan AXE versi "University-Indonesia Pendaftaran Dibuka", Gillette versi "Mach 3 Turbo Sensitive-Indonesia New Version", L-Men Gain Mass versi "Kenny Auztin". Peneliti memilih ketiga iklan ini karena menampilkan wanita yang memiliki perbedaan peran untuk menarik pria yang menjadi target produk tersebut. Peneliti menggunakan tiga iklan, karena penelitian ini membandingkan antara dua hal atau lebih, namun masih menggunakan sempel yang sama yaitu wanita sebagai tokoh utama dalam iklan. Peneliti ini menggunakan teori wacana yang mengacu pada model Teun A. van Dijk, dalam menggunakan teori van Dijk, peneliti menginterpretasi dalam level teks dan konteks sosial, karena keterbatasan peniliti tidak mampu menginterpretasi pada level kognisi sosial karena pada level kognisi sosial peneliti harus mewawancarai langsung penulis skenario ketiga. Tipe penelitian ini merupakan penelitian kualitatif interpretatif, dengan menggunakan pengumpulan data dokumentasi dan kepustakaan yang diharapakan dapat menemukan bagaimana citra wanita digambarkan dalam iklan produk pria AXE versi "University-Indonesia Pendaftaran Dibuka", Gillette versi "Mach 3 Turbo Sensitive-Indonesia New Version", L-Men Gain Mass versi "Kenny Auztin". Hasil penelitian pada iklan AXE versi "University-Indonesia Pendaftaran Dibuka", wanita digambarkan sebagai guru atau dosen yang mengajari para pria trik memikat wanita. Pada iklan Gillette versi "Mach 3 Turbo Sensitive-Indonesia New Version", wanita digambarkan sebagai pemimpin perusahan yang harus menyeleksi dua karyawan. Sedangkan pada L-Men Gain Mass versi "Kenny Auztin", wanita digambarkan pada umumnya, yang mana tertarik pada pria selalu menyimbolkan untuk didekati, tetapi wanita mampu memilih salah satu pria dari dua pria yang mendekati. Dari ketiga iklan tersebut dapat disimpulkan bahwa wanita digambarkan lebih unggul daripada pria dalam hal kesabaran, ketelitian, dan cinta.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 28 Sep 2016 04:50
Last Modified: 08 Feb 2018 03:05
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32599

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo