UMM Institutional Repository

REPRESENTASI BALITA PINTAR DALAM IKLAN SUSU FORMULA DI TELEVISI (Analisis Semiotik Pada Iklan Procal Gold Versi "Berjuta Akal Pintar Setiap Hari", Anmum Versi "Berhitung", dan Dancow Versi "Sulap").

Febriawan, Rezzy (2016) REPRESENTASI BALITA PINTAR DALAM IKLAN SUSU FORMULA DI TELEVISI (Analisis Semiotik Pada Iklan Procal Gold Versi "Berjuta Akal Pintar Setiap Hari", Anmum Versi "Berhitung", dan Dancow Versi "Sulap"). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rezzyfebri-43451-1-pendahul-n.pdf

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rezzyfebri-43451-2-babi.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Iklan adalah salah satu jenis komunikasi massa yang dapat merepresentasikan realitas kehidupan masyarakat. Iklan dapat menggambarkan berbagai dimensi kehidupan di masyarakat termasuk merepresentasikan balita pintar. Iklan susu formula Procal Gold, Anmum, dan Dancow menggambarkan tentang bagaimana balita pintar berperilaku dalam kesehariannya. Hal ini lah yang menjadi titik awal ketertarikan penulis melakukan penelitian untuk mengungkap bagaimana balita pintar direpresentasikan dalam iklan susu formula Procal Gold versi "berjuta akal pintar setiap hari", Anmum versi "berhitung, dan Dancow versi 'sulap" di televisi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu semiotik yang mengacu pada teori Roland Barthes yang ditampilkan dalam bentuk denotasi, konotasi dan mitos. Tipe penelitian ini merupakan penelitian kualitatif interpretatif, dengan menggunakan pengumpulan data dokumentasi dan kepustakaan yang diharapkan dapat menemukan bagaimana penggambaran balita pintar dalam iklan susu formula Procal Gold versi "berjuta akal pintar setiap hari", Anmum versi 'berhitung", dan Dancow versi "sulap" di televisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam iklan susu formula Procal Gold versi "berjuta akal pintar setiap hari", Anmum versi "berhitung", dan Dancow versi "sulap" balita pintar direpresentasikan melalui 3 aspek penting dalam periode tumbuh kembang anak, yaitu: balita yang mampu mengoptimalkan aspek kognitif dalam dirinya, balita yang mampu mengoptimalkan aspek imajinasi dalam dirinya, dan balita yang mampu mengoptimalkan aspek motorik dalam dirinya. Dari ketiga iklan tersebut dapat disimpulkan bahwa balita pintar dalam iklan Procal Gold versi "berjuta akal pintar setiap hari" direpresentasikan sebagai balita yang mampu mengoptimalkan aspek kognitif dengan cara mengembangkan potensi imajinasi dalam dirinya, kemudian balita pintar dalam iklan Anmum versi "berhitung" direpresentasikan sebagai balita yang mampu mengoptimalkan aspek imajinasi untuk mengembangkan potensi kognitif dalam dirinya, dan balita pintar dalam iklan Dancow versi "sulap" direpresentasikan sebagai balita yang mampu mengoptimalkan aspek motorik adalah balita yang mampu menjadi sorotan bagi lingkungan sosialnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 28 Sep 2016 04:17
Last Modified: 26 Jan 2018 10:02
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32595

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo