UMM Institutional Repository

Manajemen Produksi Radio Swasta Dalam Melestarikan Musik Campursari (Studi Tentang Manajemen produksi Acara Srikaton di Radio Jodhipati Fm Nganjuk)

Hariadi, Rian (2016) Manajemen Produksi Radio Swasta Dalam Melestarikan Musik Campursari (Studi Tentang Manajemen produksi Acara Srikaton di Radio Jodhipati Fm Nganjuk). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hanbyardia-43746-1-pendahul-n.pdf

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-hanbyardia-43746-2-bab1.pdf

Download (279kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berusaha untuk menggambarkan tentang manajemen radio swasta dalam melestarikan budaya jawa. Hal ini karena semakin memudarnya budaya jawa dikalangan masyarakat. Acara Srikaton (Campursari Klasik Lan Maton) menyajikan musik - musik campursari klasik. Serta dalam penyiarannya sendiri menggunakan sepenuhnya bahasa jawa, mulai dari penyiar dan pendengarnya dalam telfon atau sms. Dalam memproduksi program acara radio terdapat fungsi manajemen yang memiliki 4 fungsi pokok antara lain Planning, Organizing, Actuating,dan Controling. Planning merupakan pengaturan tujuan dan mencari cara agar tujuan itu dapat tercapai dengan baik. Organizing merupakan penentuan sumber daya yang dapat menunjang dalam proses siaran agar berjalan sesuai dengan tujuan. Actuating merupakan pengarahan kepada anggota - anggota agar melaksanaka pekerjaan sesuai dengan tugas masing - masing. Controling merupakan kegiatan menyesuaikan antara pelaksanaan dengan rencana - rencana yang telah ditentukan. Proses pengumpulan data ini dilakukan dengan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Menentukan subjek penelitian menggunakan porpusive sampling dengan memilih subjek atau narasumber yang dinggap mampu mewakili informasi secara keseluruhan serta ikut dalam produksi acara Srikaton. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses produksi acara Srikaton mengacu pada fungsi manajemen yang terdiri dari beberapa tahapan, yaitu : Planning (perencanaan), seperti: penentuan tema, tujuan, strategi, promosi. Organizing, seperti: memperoleh stok musik sebagai sarana penunjang proses siaran. Actiuating, seperti : pengarahan kepada penyiar. Controling, seperti melihat hasil dari penyiaran terhadap respon pendengar, agar program acara sesuai pendengar inginkan. Dalam manjemen produksi program acara dalam melestarikan musik campursari tidak hanya dengan membuat program menarik dan dipilih oleh pendengan melainkan juga harus bisa dipahami dan diterima oleh para pendengarnya serta dalam proses produksi harus disiapkan dengan baik, karena jika niat baik tetapi cara penyampaianya salah maka bisa menjadi tidak efektif. Kesimpulan dari manajemen produksi acara Srikaton kurang sesuai dengan fungsi POAC itu sendiri, akan tetapi dalam hal komunikasi organisasi terlebih dalam kutural organisasi mereka berjalan sangat baik dan mampu membuat program acara Srikaton tetap bertahan dan selalu sesuai dengan tujuan perusahaan itu sendiri.

Item Type: Thesis (Other)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 28 Sep 2016 03:43
Last Modified: 28 Sep 2016 03:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32592

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo