UMM Institutional Repository

PEMAKNAAN AUDIENS TENTANG PROGRAM ACARA MUSIC EVERYWHERE NET.TV

Firmansyah, Risal (2016) PEMAKNAAN AUDIENS TENTANG PROGRAM ACARA MUSIC EVERYWHERE NET.TV. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-risalfirma-43453-1-pendahul-n.pdf

Download (829kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-risalfirma-43453-2-babi.pdf

Download (562kB) | Preview

Abstract

Music Everywhere adalah sebuah program acara musik di televisi yang memiliki konsep dan konten acara yang bagus. Dalam program acara ini tidak saja menampilkan performa sang musisi tapi juga dapat mengenal sosoknya lebih dekat. Pada program ini sang musisi akan ditampilkan dengan mengambil lokasi-lokasi unik yang sesuai dengan kepribadian maupun gayanya masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaknaan mahasiswa tentang program acara Music Everywhere yang ditayangkan oleh NET.TV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif tipe interpretatif dengan menggunakan metode studi resepsi (Reception Studies). Subyek dalam penelitian ini adalah mahasisya anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Ikatan Aktifitas Band Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang diambil menggunakan teknik purposive sampling, sehingga memperoleh 5 subyek penelitian yang memiliki latar belakang berbeda namun sesuai dengan kriteria yang ditentukan oleh peneliti. Peneliti menggunakan wawancara mendalam dalam teknik pengumpulan data. Sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan analisis model interaktif Miles dan Huberman. Peneliti menguji keabsahan datanya dengan memilih triangulasi sumber. Teori yang dipakai adalah teori encoding/decoding yang dikemukakan oleh Stuart Hall. Hasil dari penelitian diperoleh bahwa pemaknaan dan penerimaan khalayak tentang program acara Music Everywhere yang ditayangkan oleh NET.TV berbeda-beda. Pada posisi The dominant hegemonic tayangan program acara Music Everywhere dimaknai menghibur, menginpirasi, memberikan banyak wawasan, dan dapat menjadi referensi dalam bermusik dan manajemen event. Program acara ini dihadirkan dengan konsep-konsep segar yang berbeda dengan program musik lain, konten acaranya pun juga sangat bagus dan dikemas secara menarik membuat subyek penelitian atau audiens terasa terhibur dan termotifasi untuk membuat acara semacam ini di UKM IKABAMA. Sedangkan pada posisi Negotiated reading para subyek penelitian merasa bahwa masih adanya kekurangan pada bintang tamu yang dihadirkan terutama pada artis-artis pendatang baru yang ditampilkan pada program acara ini. Selain itu, tidak semua subyek menonton acara ini dari awal acara hingga akhir acara. Dan hal-hal tersebut yang menjadikan subyek berada pada posisi Negotiated reading. Dalam penelitian ini juga ditemukan subyek penelitian yang tidak sejalan atau berada pada posisi Oppsitional dengan program acara Music Everywhre ini yakni pada masalah jam tayang dari program acara ini yang dirasa terlalu malam. Kesimpulan dari penelitian ini adalah khalayak memberikan pemaknaan yang berbeda-beda terhadap tayangan program acara musik yang mereka tonton (dari program acara Music Everywhere). Ada yang sangat setuju atau sejalan dengan tayangan program acara ini. Adapula yang sedikit tidak sejalan dengan program yang ditayangkan, namun memiliki pandangan tersendiri dari program acara yang mereka tonton. Bahkan ada pula yang tidak sejalan dengan tayangan program acara ini. Pembentukan makna dari tiap-tiap subyek penelitian sangat bergantung pada latar belakang mereka. Baik dari segi lingkungan, pergaulan, pendidikan dan faktor lain seperti pengalaman mereka dalam bermusik, genre musik yang disukai juga merupakan hal yang dapat mempengaruhi pemikiran subyek penelitian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 28 Sep 2016 03:32
Last Modified: 28 Sep 2016 03:32
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32591

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo