UMM Institutional Repository

Pengaruh Iklan Kampanye Earth Hour Terhadap Sikap Hemat Energi Ibu Rumah Tangga (Studi Pada Ibu Rumah Tangga Kelurahan Mojolangu RT 03 RW 13 Lowokwaru Malang).

Tryanto, Rizal (2016) Pengaruh Iklan Kampanye Earth Hour Terhadap Sikap Hemat Energi Ibu Rumah Tangga (Studi Pada Ibu Rumah Tangga Kelurahan Mojolangu RT 03 RW 13 Lowokwaru Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizaltryan-43454-1-pendahul-n.pdf

Download (951kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizaltryan-43454-2-babi.pdf

Download (72kB) | Preview

Abstract

Pada umumnya manusia bergantung pada keadaan lingkungan disekitarnya yaitu berupa sumber daya alam yang dapat menunjang kehidupan sehari-hari.. Lingkungan yang sehat akan terwujud apabila manusia dan lingkungannya dalam kondisi yang baik. Selain sumber daya alam manusia juga bergantung pada sumber daya energi guna membantu aktifitas keseharian dan juga membantu mempermudah pekerjaan kita sehari-hari. Energi memiliki peranan penting dalam menunjang kehidupan manusia. Seiring dengan perkembangan zaman kebutuhan akan energi pun terus meningkat. Untuk dapat memenuhi kebutuhan energi yang digunakan oleh manusia maka perlu dilakukan pemanfaatan energi yang tersedia di alam secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menegtahui pengaruh dari tayangan iklan kampanye terhadap sikap hemat energi. Pada dasarnya, media massa adalah media komunikasi yang ada untuk menyapaikan pesan dan akan menimbulkan efek pada komunikannya. Untuk menganalisis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif tipe/jenis explanatif dimana penelitian ini mencoba mencari hubungan/pengaruh antara variabel (X) Iklan Kampanye terhadap variabel (Y) sikap hemat energi. Metode yang digunakan adalah metode survey, dengan menyebar angket atau kuisioner sebegai alat ukur penelitian. Populasi penelitian ini diambil berdasarkan kriteria yang ditentukan oleh peneliti yang berkaitan dengan objek penelitian, yaitu seluruh ibu rumah tangga di kelurahan mojolangu, RT 03, RW 13, kecamatan lowokwaru malang dengan jumlah responden 130 kemudian disederhanakan menjadi 95 responden saja. Penelitian ini difokuskan pada bagaimana pengaruh iklan kampanye earth hour terhadap sikap hemat energi ibu rumah tangga dikaitkan dengan teori Elaboration Likehood Model. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, ada pengaruh anatara iklan kampanye eaeth hour terhadap sikap hemat energi ibu rumah tangga sebesar 14,7% dan sisanya sebesar 85,3% dipengarui oleh faktor yang lain yang tidak di bahas dalam penelitian ini dan dari besarnya nilai kontribusi diatas, pengaruh yang di timbulkan oleh iklan kampanye Earth Hour termasuk positif. Berdasarkan Koefisensi Determinasi, dapat diketahui besarnya pengaruh atau kontribusi yang diberikan variabel pengaruh Iklan kampanye Earth Hour terhadap Sikap Hemat Energi Ibu Rumah Tangga adalah sebesar 0,147 dan pengaruh yang ditumbulkan termasuk dalam kategori sedang. Dan dari uji F yang telah dilakukan, ditemukan F hitung sebesar 16,058 dimana dalam hal iini Ho ditolak dan Hi diterima, maka hubungan antara iklan kampanye earth hour terhadap sikap hemat energi masyarakat signifikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 28 Sep 2016 03:26
Last Modified: 28 Sep 2016 03:26
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/32590

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo